Jumat, 12 September 2014

Gaya Jokowi, Mulai dari Ndeso hingga Mirip Sir Alex

Kemeja putih sangat melekat dengan sosok Joko Widodo (Jokowi). Gaya itu digunakan Jokowi sejak terpilih menjadi Gubernur DKI pada 2012.
Namun, hari ini, Jumat 12 September, gaya berpakaian Presiden terpilih itu sangat berbeda. Menghadiri Peresmian Kompleks Adhyaksaloka dan RSU Adhyaksa di Jalan Mabes Hankam Raya, Ceger, Jakarta Timur, Jokowi tampil dengan kemeja safari warna abu-abu plus celana warna senada.
Hadir dalam kesempatan itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengenakan kemeja warna khas Partai Demokrat, biru.
Saat menjadi Wali Kota Surakarta, penampilan Jokowi belum mencuat di media massa. Namun, dalam beberapa kesempatan menjalankan tugas, suami Iriana itu lebih memilih menggunakan seragam dinas PNS.
Penampilan Jokowi mulai menarik perhatian saat maju sebagai calon Gubernur DKI pada 2012. Sama seperti calon lainnya, Jokowi yang berpasangan dengan Ahok, punya baju khas yakni kemeja kotak-kotak.
Kemeja yang selalu digunakan Jokowi dalam setiap kesempatan saat nyagub itu bewarna merah hitam. Alhasil, kemeja kotak-kotak sangat identik dengan gaya suami Iriana itu. Tak sedikit orang yang menyebut "kemeja Jokowi" jika melihat motif serupa.
Alasan Jokowi-Ahok menggunakan kemeja kotak-kotak sederhana. Pertama, agar terlihat beda dari lawan, karena warna kemejanya ngejreng. "Pasti orang-orang datang pakai jas atau baju putihlah," kata Ahok di Jakarta.
Warna merah dalam kemeja kotak-kotak tersebut menyatakan keduanya siap berkompetisi dalam Pilgub DKI. "Alasan kedua, ya kami siap untuk berlomba dalam pemilihan gubernur," katanya.
Selesai kampanye dan akhirnya terpilih menjadi orang nomor satu di Ibu Kota, Jokowi kerap terlihat menggunakan kemeja warna putih. Urusan pakaian Jokowi itu sempat dibahas media massa.
Pasalnya, selama ini pejabat di pemerintahan sangat akrab dengan jas. Jokowi, punya alasan sering memakai kemeja putih, terutama saat blusukan ke pasar atau perkampungan.
"Alasannya karena harganya murah. Harganya Rp50 ribu hingga Rp70 ribu," kata Jokowi beberapa waktu lalu.
Selain itu, menggunakan kemeja putih akan lebih memudahkan Jokowi untuk dekat dengan rakyat. Saya tiap hari juga pakaiannya seperti ini, apalagi tadi kan mau ke lapangan, makanya saya pakai pakaian seperti ini."
Dalam beberapa kesempatan acara resmi, Jokowi terlihat memakai jas hitam dengan dasi warna merah. Seperti saat tampil dalam debat capres perdana, Jokowi dan Jusuf Kalla. Pilihan lainnya, Jokowi menggunakan batik.
Berbalut jas hitam dan berdasi merah juga kerap diperlihatkan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama atau mantan pelatih klub sepakbola Inggris Manchester United, Sir Alex Ferguson.
Jokowi mengaku mengenakan jas agar terlihat lebih keren. "Masak kita pakai yang sederhana terus, nanti dipikirkan presidennya kuno," ujarnya.   [okezone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar