Rabu, 06 Agustus 2014

Jokowi Terima Gitaris Arkarna

Terpilihnya Jokowi sebagai presiden tak hanya menarik perhatian warga Indonesia. Lebih dari itu, gitaris grup band Arkarna Matt Hart juga khusus datang ke Indonesia untuk memberi selamat Jokowi.
"Dia (Matt) mau ketemu Jokowi ucapin selamat," kata salah satu relawan Jokowi-JK, Olga Lidya, yang turut mendampingi Matt di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Selasa (6/8/2014).
Tak hanya Olga, gitaris grup band Slank yang juga relawan Jokowi-JK, Abdee Slank juga nampak mendampingi Matt.
Matt nampak rapi dengan mengenakan setelan jas berwarna biru tua dan kemeja putih. Saat tiba di Balai Kota, Matt sempat berkunjung ke kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama sambil menunggu Jokowi blusukan meninjau waduk Marunda.
Rencananya Matt akan tinggal di Indonesia selama 3 minggu ke depan. Sesaat setelah berfoto di depan para pewarta foto, didampingi Abdee dan Olga ia masuk ke ruang kerja Jokowi.

Biaya Sendiri
Jokowi menerima gitaris Arkarna, Matt Hart untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi-JK. Matt mengaku datang atas inisiatifnya sendiri dan dengan biayanya sendiri.
"Dia datang untuk memberikan ucapan selamat atas terpilihnya pak Jokowi dan Pak JK. Selain itu kita juga bicara tentang industri kreatif di London," kata presiden terpilih Joko Widodo di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Rabu (6/8/2014).
Jokowi lalu menceritakan perbincangan keduanya yang didampingi Abdee Slank dan Olga Lidia yang selama ini menjadi relawan Jokowi JK. Jokowi mengatakan pertemuan itu berlangsung santai dan banyak membahas perkembangan industri kreatif termasuk infrastrukturnya di Jakarta.
Saat Maat menjelaskan kedatangannya, wartawan sempat menanyakan siapa yang membiayai kedatangannya ke Indonesia. Matt hanya tersenyum.
"Myself," ujar Matt pada wartawan.
Abdee yang berada di samping Jokowi menceritakan bila ia mendapatkan pesan dari Matt via twitter sesaat setelah Arkana mengucapkan selamat untuk Jokowi-JK via akun twitternya.
"Dia menghubungi saya via direct messages twitter kalau dia mau datang ke Indonesia ngasih selamat pak Jokowi. Saya juga bertanya siapa yang membiayai," ujar Abdee.
"By myself," kata Abdee mencontohkan jawaban Matt padanya.
Jokowi sendiri mengaku hanya sedikit mengetahui lagu-lagu Arkarna. Sebelumnya saat Arkarna manggung di Jakarta, Jokowi sempat hadir bahkan bernyanyi bersama di panggung.

Harapan Matt
Matt mengaku sangat kagum dengan sosok Jokowi. Oleh karena itu, dia menunjukkan dukungannya secara frontal kepada Gubernur DKI Jakarta tersebut.
Saking cintanya kepada Indonesia, dia pun menaruh besar kepada Jokowi untuk menyejahterakan masyarakat berideologi Pancasila tersebut.
"Saya menaruh harapan besar ke jokowi untuk bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ujar Matt kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Ingin Belajar Menyanyi Bersama Jokowi
Jokowi ingin mengajak Gitaris Arkarna, Matt Hart, bernyanyi. Niat tersebut ternyata mendapat angin segar dari anggota band asal Inggris itu.
"Ya. Saya akan belajar bernyanyi bersama," ujar Matt ketika menyambangi Balai Kota Jakarta, Rabu (6/8/2014).
Sebelumnya, Jokowi mengaku akan mengajak Matt untuk bernyanyi seperti saat dia 'mengerjai' vokalis Arkarna, Ollie Jacobs.
"Paling ntar nyanyi lagi," ujar Jokowi di tengah blusukannya ke rusunawa di Jakarta Timur, Selasa (5/8/2014).
Pada Mei 2013, saat Arkarna manggung, Jokowi meminta Ollie menyanyikan lagu bernuansa Betawi, Nonton Bioskop milik Benyamin Sueb. Pada saat itu, Ollie yang kesulitan menyanyikannya meminta bantuan kepada Bondan Prakoso dan Dyandra.

Industri Kreatif
Jokowi berdasarkan diskusinya dengan Matta Hart, maka ada tiga hal yang harus disiapkan oleh pemerintah, jika ingin mengembangkan industri kreatif, terutama di bidang musik, yakni pentingnya penegakkan hukum.
"Hukum harus ditegakkan, terutama yang berkaitan dengan bajakan, karena kalau masalah pembajakan bisa diselesaikan, maka kita bisa menggerakkan musisi, seniman dan artis untuk berkarya lebih bagus dan bekerja lebih keras," ujarnya.
Ia menimpali, "Tentunya, beliau-beliau ini akan mendapat royalti sesuai karya yang terjual. Sebetulnya dari situ pemerintah juga mendapat income berupa pajak dari situ."
Kemudian, Jokowi mengatakan, pemerintah harus memperbaiki infrastruktur jika memang ingin industri musik berkembang pesat.
Mantan Walikota Solo itu pun mencontohkan, pembangunan gedung pertunjukan musik harus diperbanyak dan lebih representatif.
"Ketiga, regulasi insentif dari pemerintah harus jalan sebagai dorongan dari negara untuk mengembangkan musik. Misalnya, artis menghasilkan album, maka diberi insentif atau ada juga insentif promosi," katanya.
Matt Hart datang ke Balaikota DKI Jakarta sekira pukul 16.00 WIB untuk bertemu Jokowi. Namun, sang tuan rumah saat itu masih blusukan ke Merunda, Jakarta Utara.
Matt bersama Abdee Slank dan Olga Lidya pun akhirnya menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di ruang kerjanya, yang juga di balaikota. Satu jam kemudian, Jokowi tiba dan Matt, Abdee dan Olga tampak bergegas menemuinya.
Abdee mengatakan, seminggu sebelumnya Matt menghubunginya melalui Direct Message (DM) di Twitter yang mengabarkan akan datang dengan biaya sendiri ke Indonesia guna menemui Jokowi.
Jokowi pribadi mengakui tahu lagu-lagu Arkarna, seperti "Eat Me" dan "Blow It Away", namun menolak menyanyikannya bersama Matt dengan alasan tidak pandai menyanyi.

Buatkan Lagu untuk Jokowi
Relasi antara personel Arkarna, Matt Hart, dengan Jokowi begitu baik. Matt sampai rela akan membuatkan lagu untuk Jokowi suatu saat nanti.
Matt ditanya para pewarta, apakah ingin membuat lagu tentang Jokowi?
"Itu pertanyaan umum. Banyak orang yang mempertanyakan itu kepada saya. Saya tidak mengatakan, tidak," lanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar