Rabu, 06 Agustus 2014

Jokowi Tinjau Waduk Marunda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi waduk Marunda, Jakarta Utara yang sempat terhenti beberapa waktu lalu. Saat sedang meninjau, ia didatangi warga yang menanyakan pembayaran uang pembebasan lahan untuk dibangun waduk.
Rabu (6/8/2014), dengan menumpangi Toyota Innova bernopol B 1124 BH, Jokowi tiba di lokasi waduk Marunda di kelurahan Marunda, Cilincing Jakarta Utara sekitar pukul 15.15 WIB.
Ia didampingi kepala dinas PU Rudi Manggas Siahaan langsung menuju lokasi waduk yang sudah kembali dikeruk oleh 3 eskavator milik dinas PU DKI. Padahal sebelumnya, pengerukan waduk sempat terhenti.
Jokowi melihat proses perkembangan pengerukan dengan menumpu pada tanah bekas kerukan yang sudah kering. Ia tampak berbincang serius dengan sejumlah pejabat Dinas PU maupun Sudin PU Jakarta Utara.
Saat sedang berdiskusi, seorang warga, Basuni mendatangi Jokowi dan menanyakan rencana pembebasan lahan yang kemarin dijanjikan terlaksana pada April lalu.
"Kami belum dilunasi, pak. Berkasnya sudah oke tapi belum bisa dibayar," kata Basuni yang mengenakan kemeja kotak-kotak pada Jokowi.
Jokowi meminta Basuni menunjukkan lokasi pemukiman yang didiami Basuni. Jokowi mengatakan bila kemarin sudah ada dana Rp 15 miliar yang dikeluarkan pemprov DKI untuk pembebasan lahan. Namun, anggaran tersebut masih kurang sehingga hanya digunakan membayar tanah milik warga saja.
"Daftar namanya diberikan saja, duitnya nggak cukup yang sekarang, Nanti September baru dikeluarkan lagi (untuk bangunan)," ucap presiden terpilih ini pada Basuni.
Jokowi mengakui anggaran yang dikeluarkan saat ini masih kurang. Karena itu ia akan kembali menganggarkan di APBD Perubahan.
Pada wartawan, Basuni membenarkan bila pembayaran yang terhambat hanya soal bangunan saja. Ia berasal dari RW 2 yang menjadi salah satu pemukiman yang akan dibebaskan untuk pembangunan waduk.
"Kemarin kan dijanjinya April. Tapi katanya uangnya tidak ada. Kemarin juga sempat hampir di bayar sebelum Ramadhan (Juni) tapi nggak jadi lagi," ucap Basuni.
Saat blusukan sekitar Februari, Jokowi juga ditanya warga soal pembebasan lahan rumah mereka. Saat itu Jokowi berjanji akan menyelesaikan persoalan pembebasan lahan pada April lalu. Kini ia berjanji akan menyelesaikan persoalan pembebasan lahan di September mendatang.
Pemprov DKI berencana akan membangun waduk Marunda dengan luas 56 ha. Selain waduk, pemprov DKI juga akan membuat taman dan jogging track dipinggir waduk.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar