Senin, 21 Juli 2014

Kata Jokowi, 3 Partai Pendukung Prabowo-Hatta Siap Merapat

Jelang pengumuman perolehan suara Pilpres 2014, Calon Presiden nomor urut 2, Joko Widodo, menyebut ada tiga partai pendukung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa yang siap merapat ke dalam barisannya.
"Yang dalam proses ada tiga partai," ungkap Jokowi seusai bertandang ke Kantor Harian Bisnis Indonesia, Jalan KH Mas Manyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).
Lantas ketiga partai tersebut  hingga kini masih dirahasiakan oleh Jokowi. Sebab mantan Wali Kota Surakarta ini tak mau bicara sumbar sebelum ketiga partai tersebut matang.
Ketiga partai politik itu, kata Jokowi, sudah melakukan komunikasi intensif dengan tim pemenangannya. Namun sebelum dukungan dari ketiga partai itu jelas, Jokowi belum akan meladeni niat koalisi itu.
"Rahasia, nanti kalau sudah matang ke kita. Kalau belum sampai ke saya pasti belum mateng. Kalau sudah matang pasti sampai ke saya," beber dia.
Kendati demikian, Jokowi tak memungkiri penjajakan ketiga partai itu telah dimulai usai pilpres 9 Juli lalu. "Setelah tanggal 9 Juli, sudah ada pembicaraan dengan tim, tapi dengan saya belum," tambahnya
Jokowi juga membuka pintu lebar-lebar kepada partai manapun asalkan rela bergabung tanpa iming-iming. "Engga apa-apa. Kita sampaikan terbuka dari dulu tapi dengan catatan tanpa syarat," tandas Gubernur DKI Jakarta non aktif ini. 

Persyaratan Bergabung
Bila akhirnya tiga parpol pengusung Prabowo-Hatta memutuskan bergabung, maka koalisi parpol pengusung Jokowi-JK akan jadi 'gemuk'. Terhadap kemungkinan itu, bagi Capres Jokowi bukan sebuah masalah sepanjang 'kegemukan' itu menambah tenaga dan bukan membebani kinerja pemerintahannya kelak.
"Kalau untuk kebaikan negara dan bangsa mengapa tidak?" kata Jokowi, Senin (21/7/2014).
"Tetapi kalau membuat pemerintahan menjadi berat ya, lebih baik tidak," sambungnya.
Hingga kini Jokowi mengaku masih membuka pintu koalisi tanpa syarat kepada partai politik pendukung Prabowo-Hatta. Meski demikian dirinya tidak gegabah asal terima, sebab ada syarat‎ yaitu tanpa syarat yang sedari awal dia tegaskan kepada PDIP-NasDem-PKB-Hanura-PKPI yang sedari awal ditegaskannya.
"Mosok mau gabung saya bilang tidak? Kita ini terbuka. Tapi ingat yang duluan saja ndak ada minta syarat, jadi yang sekarang jangan minta syarat. Itu aja tanpa syarat," katanya
[metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar