Kamis, 06 Maret 2014

Jokowi: Insya Allah Kelapa Gading Gak Banjir Lagi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembuatan satu dari sembilan lokasi waduk di Jakarta tahun ini, yakni Waduk Pondok Ranggon, Jakarta Timur.
Di lokasi tersebut akan ada tiga waduk yang dibuat, yakni Pondok Ranggon 1, 2, dan 3 dengan luas yang berbeda-beda. Pondok Ranggon 1 dibuat diatas lahan seluas 11,5 hektare, Pondok Ranggon 2 seluas 5 hektare, dan Pondok Ranggon 3 seluas 2 hektare.
"Ini mau dibangun tiga waduk, Waduk Pondok Ranggon 1, 2, 3. Baru dimulai 6 hari lalu," kata Jokowi di lokasi, Kelurahan Pondok Ranggon, RT. 002/RW. 001, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2014).
Penyelesaian waduk itu, ditargetkan selama enam bulan untuk waduknya saja. Sebab, waduk juga dikerjakan oleh alat milik sendiri yang saat Jokowi meninjau sedikitnya ada delapan alat berat berupa eskavator yang tengah bekerja. Bahkan eskavator-eskavator tersebut sudah memiliki GPS sehingga bisa dimonitor langsung dari jauh.
"Semuanya (ketiga waduk) dibangun di lingkungan sini. Deket sini ada Kali Sunter, jadi kalau meluap pengendaliannya bisa ke sini," tutur Jokowi.
Target penyelesaian enam bulan itu adalah untuk waduknya terlebih dahulu. Nantinya setelah waduk tersebut selesai, maka akan dibuat pula taman dan sarana rekreasi seperti konsep-konsep waduk di Jakarta lainnya.
"Sementara, ini untuk fungsi waduk dan penampungan air. Pinggirnya mau jadi taman dan jogging track. Ada fungsi rekreasi dan olahraga. Semua waduk mau seperti itu," katanya.
Hal itu dilakukan, untuk memenuhi ruang rekreasi dan publik. Sebab saat ini Jakarta kekurangan tempat rekreasi gratis, sehingga waduk-waduk yang dibangun ataupun yang sudah dibenahi konsepnya akan seperti itu.
Daya tampung waduk ini adalah 550 ribu meter kubik yang dapat membantu mengurangi banjir di wilayah-wilayah yang dilalui Kali Sunter. Misalnya kawasan Halim, Cipinang, dan Kelapa Gading.
"Setiap sungai perlu ada tampungan, ini Sunter ada, Waduk Marunda untuk (tampung) Kali Blencong, Kota ditampung di Waduk Pluit. Jadi semua ada tempat pengendali," terangnya.
"Misalnya Halim, Kelapa Gading, Cipinang, Insya Allah ndak banjir lagi kayak yang kemarin-kemarin kalau nanti waduk ini dibangun," katanya, Kamis (6/3/2014) siang.Tahun ini, direncanakan akan dibangun DKI sebanyak 9 lokasi, yang berlokasi di Cengkareng, Rorotan, Halim, Cibubur, Sunter, Pantai Indah Kapuk (dua waduk), Nusa Kirana, dan Marunda.
Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar