Sabtu, 01 Februari 2014

Kata Aher, Bantuan Jokowi 500M Untuk Pembebasan Lahan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher siap membantu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mengatasi persoalan banjir Jakarta. Salah satunya dengan pembangunan Waduk Ciawi di Bogor. Kini, pembangunan itu sudah mulai memasuki tahap awal, yakni tahap pembebasan lahan.
"2015 mulai konstruksi atau awal 2015. Sekarang ya pembebasan lahan dulu. Apa yang mau dibangun kalau lahan nggak ada," ujar Aher di Kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (1/2/2014).
Dalam pembebasan lahan tersebut, Aher mengaku mendapat bantuan dana dari Jokowi. Dana tersebut diambil dari APBD DKI Jakarta yang jumlahnya tak sedikit. "Bocorannya dapat APBD DKI 500M untuk pembebasan lahan," ungkapnya.
Aher mengaku telah memerintahkan Bupati Bogor Rahmat Yasin membentuk tim khusus untuk pembebasan lahan yang akan diubah menjadi Waduk Ciawi. Masalah pembebasan lahan tak sulit karena tak banyak warga yang harus dibebaskan lahannya.
"Lahan rumahnya nggak banyak cuma 180 rumah, jadi nggak sulit. Apalagi dengan lahan dibebaskan kita ganti untung dan dibantu untuk dapat rumah lebih baik," kata Aher.
Salah satu pokok bahasan utama dalam rapat yang digelar Senin 20 Januari lalu, yakni pelaksanaan pembangunan waduk raksasa di Ciawi, Kabupaten Bogor, yang selama ini sebatas rencana saja. Waduk ini diperhitungkan mampu mengurangi gelontoran air Sungai Ciliwung ke Jakarta saat musim hujan.
Aher berharap, pembangunan Waduk Ciawi benar-benar akan dimulai 2015 mendatang. Proyek ini ditaksir menelan biaya tak kurang 1,9T dan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 3 tahun.

Sumber :
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar