Minggu, 26 Januari 2014

Surva-surve PTI: Jokowi Masih Tertinggi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masih memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum 2014. Berdasarkan survei yang dilakukan Pol-Tracking Institute, Jokowi memiliki elektabilitas 37 persen.
"Dalam elektabilitas capres, Jokowi jauh memimpin elektabilitas 37 persen dalam pertanyaan terbuka, disusul oleh Prabowo Subianto (Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra) 10,3 persen, Aburizal Bakrie (Ketua Umum Partai Golkar) 5,9 persen dan Wiranto (Ketua Umum Partai Hanura) 5,42 persen," kata Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda saat pemaparan hasil survei di Menteng, Jakarta, Minggu (26/1/2014).
Dengan demikian, sambung Hanta, jika Jokowi tidak maju sebagai capres dalam Pemilu 2014 maka Prabowo yang berpeluang menang. Kemudian disusul Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri 15,26 persen, Aburizal Bakrie 13 persen, dan Wiranto 11 persen.
"Kalau ada Jokowi, peluang yang menang adalah Jokowi. Kalau Jokowi tidak ada, misalnya PDIP mengusung Mega, Pak Prabowo kemungkinan memenangkan pilpres. Aburizal Bakrie juga memiliki peluang karena selisih tidak terlalu jauh," ujar Hanta.
Namun, kata Hanta, hal itu bisa berubah. Sebab, semua kemungkinan masih bisa terjadi dalam skema kompetisi politik. "Karena ada 57 persen pilihan publik masih mungkin berubah," tandasnya.
Survei Pol-Tracking Institute dilaksanakan pada 16-23 Desember 2013 di 33 provinsi Indonesia dengan jumlah responden 1.200 dan margin error kurang lebih 2,83 persen. Metode yang digunakan adalah multi-stage random sampling.

Sumber :
jpnn.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar