Minggu, 26 Januari 2014

Jokowi Diuntungkan Pemberitaan Positif Media

Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby mengatakan elektabilitas Jokowi yang tinggi karena Jokowi memiliki daya tarik tersendiri yang memiliki nilai positif. Serta pemberitaan media terhadap Jokowi, terlebih lagi sejak menjadi Gubernur Jakarta, selalu positif.
"Pemberitaan media, baik dari segi pribadi maupun pemerintahan Jokowi memang memiliki sentimen positif," kata Adjie ketika dihubungi, Minggu (26/1/2014).
Sehingga masyarakat melihat nilai positif Jokowi yang ditampilkan media. “Elektabilitasnya jadi cepat naik,” kata Adjie.
Adjie mengatakan partai-partai kecil akan sulit untuk menggaet Jokowi untuk menaikkan suara partai mereka karena Jokowi terikat dengan PDI Perjuangan. Menurut Adjie, yang harus dilakukan partai-partai kecil tersebut ada dua hal.
Pertama, mencari tokoh yang populer yang akan menjadi nilai tarik partai, seperti Yusril Ihza Mahendra di PBB. Menurut Adjie, banyak orang memilih mendukung PBB bukan karena partainya, tetapi karena mereka merupakan loyalis Yusril. "Atau mereka yang dulunya memilih Masyumi dan menganggap PBB merupakan reinkarnasi Masyumi," kata Adjie.
Kedua, kata Adjie, partai-partai kecil harus mendongkrak suara partai lewat caleg-caleg mereka di dapil masing-masing. “Karena tokoh-tokoh partai lain tidak terlalu populer,” kata Adjie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar