Jumat, 10 Januari 2014

Kata Panda, Mega Bilang Sudah Nenek-nenek, Tak Tahu Malu Kalau Nyapres

Beragam spekulasi muncul soal tokoh yang akan dicapreskan oleh PDIP di Pilpres 2014, termasuk pencapresan ketua umum Megawati Soekarnoputri. Namun politisi PDIP Panda Nababan, mengatakan Mega tak akan nyapres.
"Mega mengaku 'tak tahu malu kalau mau jadi capres, saya kan sudah tiga kali kalah'. Mega malah bilang saya sudah nenek-nenek, jadi kalau ada isu atau wacana memajukan Mega sama dengan mengadu domba," kata politisi PDIP Panda Nababan di kantor PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jaksel, Jumat (10/1/2014).
Menurutnya, pernyataan itu disampaikan Mega di internal partai. Meski kongres menyerahkan kepada Mega untuk menentukan capres, namun secara etik Mega tak mungkin menunjuk dirinya.
"Nggak ada terpecah, setelah tahu Mega nggak maju, kongres memberikan kehormatan pada Mega untuk memutuskan dan menentukan siapa. Secara etik politik, ada nggak menunjuk diri sendiri," ujarnya.
Panda mengatakan Megawati menyerahkan kepada yang kader muda untuk mengambil panggung Pilpres 2014. Meski belum tegas hal itu ditujukan kepada Jokowi.
"Dari ring satu, nggak ada Mega maju. Mega tak akan maju, dia memberi kesempatan pada yang muda-muda. Itu kelihatan adanya Jokowi, Ganjar, dan Risma," lanjut politisi yang pernah tersangkut kasus travel check itu.
"Dia (Mega) tidak akan maju jadi presiden," tegasnya.
Sementara itu, Megawati usai perayaan HUT PDIP ke-41 di kantor DPP PDIP Jalan Lenteng Agung, mengatakan,
"Orang boleh saja baik dari internal maupun dari ekstrnal menyesatkan atau membuat analisa nanti siapa yang akan dijadikan capres oleh PDIP," kata Megawati, Jumat (10/1/2014).
"Tetapi seperti yang telah berulang kali saya katakan saya ketua umum PDIP yang terplih oleh kongres punya hak preogatif (menentukan capres)," imbuhnya.
Mega mengatakan, atas keputusan tersebut maka ditegaskan dalam Rakernas PDIP bahwa penentuan capres dilakukan setelah Pileg 2014.
"Pada Rakernas ketiga saya sudah berulangkali katakan sudah diputuskan bahwa pencalonan akan dilakukan setelah Pileg sehingga ya tolong saja bersabar," ucapnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar