Minggu, 27 Oktober 2013

Idealnya RTH di Jakarta 30 Persen

Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Amphiteater di kawasan Waduk Pluit menyatakan 30 persen wilayah Jakarta harusnya ruang terbuka hijau (RTH). Jika RTH tersebut dipenuhi, panasnya cuaca kota Jakarta akan berkurang.
"Paling ideal di atas 30 persen, tapi mencari lahan seluas itu tidak gampang. Targetnya harus seperti itu. Kalau tidak, tensi kota akan panas terus," kata Jokowi di pinggiran Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2013).
Jokowi menyatakan pentingnya RTH dan ruang publik bisa menurunkan pemanasan di Jakarta.
Tentunya melalui aktivitas positif warga yang memanfaatkan RTH atau ruang publik bersama-sama.
"Sebuah kota tensinya bisa turun jika publik area dan ruang terbuka hijau ada sebanyak-banyaknya. Jadi fungsi waduk tidak hanya menampung air, tapi fungsi rekreasi dan komunikasi antar warga, kegiatan anak-anak, dan fungsi olahraga," ujar Jokowi.
Jokowi juga mengatakan bahwa tak hanya Waduk Pluit yang akan dimodifikasi menjadi ruang terbuka hijau dan ruang publik. Di masa mendatang, Waduk Ria Rio dan Waduk Sunter juga akan 'disulap' oleh Pemprov DKI menjadi RTH yang tak kalah dengan Waduk Pluit.
"Di Waduk Ria Rio, di Sunter, dan waduk yang lain," ungkap Jokowi.
Impian Jokowi ini direalisasikan melalui program yang akan berjalan pada bulan Desember 2013 mendatang. Kini, Pemprov DKI masih mengumpulkan aspirasi masyarakat terkait pengembangan waduk ini.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar