Jumat, 16 Agustus 2013

Jokowi Terlempar Dari 11 Capres Demokrat

Sekretaris Komite Konvensi Capres PD, Suaidi Marassabessy, mengungkap saat ini ada 11 nama kandidat perserta konvensi capres Partai Demokrat (PD). Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak masuk salah satu diantaranya.
"Yang masuk 11 orang, nggak ada Jokowi," jata Suaidi, Jumat (16/8/2013).
Menurutnya PD membuka kesempatan kepada semua tokoh yang ingin ikut konvensi capres. Namun khusus untuk Jokowi sejauh ini memang berulangkali menegaskan tak mau ikut konvensi capres partai tetangga.
"Bagi kami semua tokoh nasional kami berikan kesempatan, tapi persoalannya kan bukan hanya mereka yang punya kompetensi, tapi soal kesediaan," katanya.
Lalu siapa saja 11 tokoh yang dimaksud? Sejauh ini komite konvensi menolak mengungkap.
"Kita akan umumkan akhir Agustus," tegasnya.
Sedangkan sejumlah tokoh yang diundang ikut konvensi capres PD antara lain Marzuki Alie, Irman Gusman, Dino Patti Djalal, Gita Wirjawan, Mahfud MD, Ahmad Mubarok, Hayono Isman, Pramono Edhie Wibowo, Endriartono Sutarto, Yusril Ihza Mahendra, dan kabarnya Dahlan Iskan.

Banyak Yang Usulakan Nama Jokowi Lo!
Komite Konvensi Capres Partai Demokrat terus menggodok nama-nama tokoh nasional potensial yang akan diajak dalam konvensi. Salah satunya nama Jokowi juga menjadi usulan anggota komite untuk diundang di konvensi.
Menurut sebuah sumber, dalam rapat komite yang digelar malam ini. Nama Jokowi masuk dan menjadi pertimbangan untuk diundang dalam penjaringan capres Demokrat.
"Banyak anggota memasukkan nama Jokowi," kata salah satu anggota Komite Konvensi Demokrat yang enggan disebutkan namanya usai menghadiri rapat komite di Wisma Kodel, Jakarta, Kamis (15/8/2013).
Kendati demikian, lanjut dia, para anggota penjaring capres itu yakin jika Jokowi sebagai politisi PDI Perjuangan akan sulit mendapatkan izin dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
"Hanya saja mereka berkeyakinan Jokowi tidak akan diizinkan Mega," imbuhnya.
Menurut dia, nama Jokowi muncul dan menjadi perdebatan di internal komite. Itu menunjukkan bahwa komite bekerja secara profesional dan independen dalam mengusulkan nama-nama peserta konvensi, tanpa ada intervensi dari pihak manapun.
"Hal ini menunjukkan bahwa komite sangat rasional dan independen dalam pengusulan nama-nama calon peserta," pungkasnya.

Sumber :
- detik.com
- merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar