Senin, 15 Juli 2013

Lain Tjahjo Lain Effendi Simbolon

Meski Joko Widodo (Jokowi) menjadi maharaja berbagai lembaga survei capres, Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) rupanya belum tergerak untuk mencapreskan Jokowi pada Pemilu 2014 yang akan datang. Jokowi bahkan dipandang belum matang.
"Nggak ada, biar matang dulu di DPD," kata Ketua DPP PDIP Effendi Simbolon menjawab pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan pencapresan Jokowi. Effendi menyampaikan hal itu saat hendak naik mobil meninggalkan Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Senin (15/7/2013). Jokowi merupakan wakil ketua DPD PDIP Jawa Tengah.
Padahal, di berbagai lembaga survei, Jokowi merupakan capres paling potensial mengungguli tokoh-tokoh lainnya. Menurut survei terbaru Intrans, Jokowi dipastikan akan memenangkan Pemilu Presiden 2014 secara mutlak dan meyakinkan jika dirinya benar-benar maju sebagai capres 2014.
Jokowi sendiri hingga saat ini belum pernah menyatakan niatnya untuk maju nyapres. Dia kerap menanggapi pertanyaan soal kemungkinan dirinya nyapres dengan kata-kata "Nggak Mikir ... Nggak Mikir ...Nggak Mikir ...Nggak Mikir ...Nggak Mikir ...Nggak Mikir ...","Ngurus banjir saja pusing", "Tanya Ibu Mega ....", meskipun sesekali menjawab "Saya ini Kader" yang bisa diartikan Jokowi menunggu lampau Hijau dari Ketua Umum PDIP. Di lain pihak, sinyal yang diberikan PDIP samar-samar mengemaskan, seperti menunjukkan keakraban sang Ketua Umum dan Jokowi sampai Regenerasi yang tua dengan yang muda.
Di lingkungan PDIP sendiri belum ada pembahasan soal pencapresan. Sedangkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum pernah memberi pernyataan eksplisit tentang pencvapresan Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar