Jumat, 26 Juli 2013

Cara Jokowi Jinakkan DPRD soal Karakter Tegas Ahok

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Wakil Ketua DPRD DKI, Abraham Lunggana, tidak tersinggung oleh pernyataan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jokowi meminta semua pihak memaklumi Ahok yang suka bicara ceplas-ceplos dan tegas.
Hal itu disampaikan oleh Jokowi sehubungan dengan pernyataan Lulung, sapaan Abraham Lunggana, yang menyarankan agar Ahok memeriksakan kesehatan jiwanya. Lulung menilai Ahok berbicara sembarangan tentang pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang. Lulung meminta kepada Jokowi untuk menegur Ahok agar tidak berbicara seenaknya.
"Benar, Haji Lulung kemarin ngomong ke saya agar menegur Pak Wagub. Saya sampaikan ke pimpinan DPRD kalau karakter Pak Wagub memang tegas seperti itu dan karakter itu memang sulit untuk diubah," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (26/7/2013).
Kendati demikian, Jokowi meminta agar hal ini tidak perlu dibesar-besarkan ke publik. Hal itu dikarenakan karakter seseorang sulit diubah dan karakter tegas Ahok sudah mendarah daging. Ia juga meminta DPRD DKI untuk dapat memaklumi dengan memahami karakter Ahok.
"Enggak usah rame-rame dan dibesar-besarkan untuk urusan itu. Haji Lulung hanya menyampaikan saya kalau Pak Ahok beri statement jangan keras-keras. Ya sudah, saya sampaikan memang karakternya Pak Ahok begitu," kata Jokowi.
Saat ditemui dalam kesempatan berbeda, Lulung mengaku tersinggung ketika Ahok menyebutkan ada oknum DPRD DKI yang ikut bermain di dalam penataan pedagang kaki lima (PKL) dan preman di Pasar Tanah Abang. Terlebih, Ahok pernah mengeluarkan wacana kalau PKL yang menolak direlokasi akan dipidanakan.
Lulung mengatakan, sebagai seorang pejabat negara, tak sepantasnya Ahok mengeluarkan pernyataan tersebut. "Saya tersinggung, tersinggung di sini artinya Wagub ngomongnya jangan selengekan dong. Kalau ada oknum, siapa oknumnya, berhadapan sama saya, Haji Lulung," kata Lulung.
Oleh karena itu, Lulung meminta Jokowi untuk menegur Ahok yang kerap melontarkan pernyataan kontroversial. Lulung pun mengatakan bahwa sikap dan ucapan Jokowi tentang karakter Ahok itu telah membuatnya tenang.


Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar