Rabu, 10 April 2013

Jokowi: Guru Perlu Ajak Siswa Belajar di Luar Kelas

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan ada saatnya siswa tidak belajar di dalam ruang kelas. Demi meningkatkan kreativitas siswa, sekolah perlu membiarkan siswa untuk belajar di luar ruang kelas.

"Guru-guru perlu membawa muridnya keluar, misalnya belajar industri, coba ke KBN (Kawasan Berikat Nasional), Industri Pulo Gadung. Lihat bagaimana cara produksi kertas," ujar Jokowi saat berdialog dengan siswa SMA-SMK se-DKI Jakarta yang digelar di Aula SMK Negeri 27, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2013).

Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi ini mengatakan, siswa akan bosan ketika harus belajar tentang teori, namun minim praktik. Dengan adanya kegiatan di luar, tentu siswa akan terangsang kreativitasnya.

"Jangan hanya diberi teori terus. Praktik perlu. Ingin belajar keuangan dibawalah ke bank misalnya. Biologi itu bawa saja ke taman suropati. Jangan sampai ada yang sebut pohon toge. Belajar tidak harus di kelas. Apalagi yang namanya seni dan olahraga," tutur Jokowi.

Karena itu, mantan Walikota Surakarta ini mengimbau kepada segenap sekolah se-Jakarta untuk memberikan materi pelajaran di luar ruang kelas secara intensif.

"Sebaiknya murid satu minggu dua minggu belajar di luar lah," kata Jokowi.

Sumber :
jakarta.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar