Jumat, 05 April 2013

Jokowi & Danjen Kopassus Siap Bedah Ciliwung Bak Sungai Hang Seoul

Kali Ciliwung segera dibedah menjadi destinasi ekowisata. Sungai itu akan dibuat hijau royo-royo dan bebas sampah bagaikan Sungai Hang yang membelah Kota Seoul.

"Tadi ada idenya Pak Jokowi juga, nanti di sepanjang sungai akan dibangun rest area. Ada kafe, kantin-kantin dan sudah hijau. Insya Allah di bawah kepemimpinan Pak Jokowi, tidak sampai 5 tahun insya Allah Kali Ciliwung sudah seperti Sungai Hang yang membelah Kota Seoul," kata Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo.

Hal ini disampaikan Agus usai meninjau Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) dan Kali Ciliwung bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Tembak Rama Shinta, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013).

Agus menegaskan Kopassus siap membantu Jokowi mewujudkan Kali Ciliwung menjadi ekowisata. Pohon-pohon hijau akan ditanam sepanjang 5 kilometer di bantaran sungai.

"Moga-moga cepat ada hasilnya dan akan dikembangkan sampai ke hilir juga dan ini memang tidak bisa sendirian, harus lintas sektoral ke Pemda Bogor, Depok," ujar Agus yang terbalut baju loreng warna hijau dan baret warna merah ini.

Sejak tahun 2012, Agus mengatakan Kopassus telah melakukan kegiatan green, clean and healthy. Ada kegiatan Jumat bersih, Sabtu hijau dan Minggu sehat yang konsisten dilaksanakan.

"Kami membuat jaring apung untuk menjaring sampah-sampah. Kita juga bekerjasama dengan warga untuk mengangkut sampah yang nantinya bisa dikelola sampahnya dan melibatkan masyarakat setempat," kata dia.

Menurut Agus, sampah-sampah tersebut diolah menjadi pupuk dan gas sehingga bisa digunakan untuk keperluan ibu-ibu rumah tangga.

Jokowi juga menyampaikan hal serupa. Ke depan, sarjana Kehutanan UGM itu akan meminta bantuan Kopassus, Marinir, Kostrad dan Kodam untuk melakukan kegiatan karya bakti mulai Minggu depan.

"Kita ini ingin cepet-cepetan menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta," kata Jokowi yang mengenakan kemeja warna putih itu.

Menurut dia, Dinas Kebersihan juga akan menjalin kerjasama dan mengkopi cara-cara Kopassus menangani masalah sampah sehingga bisa diterapkan di kelurahan dan kecamatan.


Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar