Jumat, 05 April 2013

Danjen Kopassus: Jokowi seorang pemerhati lingkungan

Pagi tadi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diundang ke Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur. Menurut Danjen Kopassus, Mayjen Agus Sutomo, mantan wali kota Solo itu diundang karena melihat sosok Jokowi yang punya perhatian khusus pada lingkungan.

"Sengaja kita undang beliau untuk lihat langsung karena kita punya perbatasan asrama kita dengan Ciliwung," kata Agus setelah mendampingi Jokowi menyisir Kali Ciliwung di kawasan Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, (5/4).

Agus menambahkan, pihaknya bersama prajurit TNI kini tengah membuat program Green, Clean dan Healthy di bantaran Kali Ciliwung, sepanjang lima kilometer. Kegiatan itu akan dibagi sesuai hari, seperti Jumat bersih, Sabtu hijau, Minggu sehat. Seperti hari ini, mereka membersihkan sampah-sampah di sekitar sungai.

"Aplikasinya kali buat jaring apung penangkap sampah-sampah. Dikelola sampahnya melibatkan masyarakat setempat dan melibatkan mitra. Setelah angkat sampah tadi, keuntungannya banyak sekali, menjadi bersih, indah, sehat dan miliki nilai ekonomi yg tinggi," tambahnya.

Dalam kegiatan itu, Kopassus akan menggandeng masyarakat. Dengan program ini, lanjut Agus, sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga yang pengangguran.

"Gajinya dari mana? Dari sampah tadi, dari sampah yang didapat dari jaring penangkap tadi. Kita pilahin ada organik non organik. Uangnya untuk operasional dan gaji mereka," papar Agus.

Agus punya harapan besar dengan kegiatan ini. Dia berharap dengan menggandeng Pemprov DKI, sungai Ciliwung semakin bersih dan ke depannya bisa dijadikan ekowisata.

"Kami tanam pohon-pohon hijau sepanjang 5 kilo di sepanjang bantaran sungai. Semoga cepet ada hasilnya dan akan dikembangkan sampe ke hilir juga. Ini memang tidak bisa sendirian lintas sektoral ke pemda Bogor depok," tegasnya.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar