Rabu, 27 Maret 2013

Normalisasi Kali Pesanggrahan, Jokowi Gerus Makam

Program normalisasi di Kali Pesanggrahan sudah berjalan. Proyek itu tampaknya bakal rampung tak lama lagi. Sejumlah lahan untuk pemukiman bahkan pemakaman sudah digusur demi kelancaran arus air.

"Iya tahun ini sudah kita mulai sudah kita laksanakan, namanya dilebarin ya kena (makam). Kena dikit aja kok, saya sudah lihat, makanya lihat di lapangan. Saya sudah bolak balik liat ke lapangan," kata Gubernur DKI Joko Widodo, Selasa (26/3/2013).

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta sebelumnya mengatakan, ada 1.776 makam di Tanah Kusir, Jakarta Selatan, yang dipindahkan. Makam-makam tersebut dipindahkan ke kawasan Tanah Kusir juga.

Saat detikcom menengok proyek tersebut, memang benar ada sejumlah makam yang digusur. Program normalisasi kali juga masih berjalan.

Ada tiga traktor sedang mengeruk tanah di pemakaman tersebut. Di pinggir-pinggir sudah terpasang beton pembatas antara kali Pesanggrahan dan makam-makam. Selain itu terlihat juga tumpukan-tumpukan bekas nisan usai direlokasi.

Lokasi proyek berada di aliran Kali Pesanggrahan. Panjangnya sekitar 500 meter, di sisi kanan dan kiri badan sungai terlihat ada pengurukan. Di sempadan kali terdapat tanggul beton setinggi kurang lebih 5 meter.


Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar