Minggu, 17 Maret 2013

Mengapa LSI Denny JA Tak Masukkan Jokowi & JK dalam Kandidat Capres?

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Pimpinan Denny JA yang menunjukkan peningkatan elektabilitas Aburizal Bakrie (Ical) sampai melewati 20 persen. Namun kenapa survei ini tak memasukkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) sebagai kandidat capres seperti di survei lembaga lainnya?

"Megawati masih dalam posisi teratas dalam elektabilitas kandidat untuk 2014 nanti. Untuk capres, Jokowi bukan siapa-siapa di PDIP, masih ada tokoh-tokoh lama," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby, usai konferensi pers hasil temuan dan analisis survei nasional oleh LSI, di kantor LSI, Gedung Graha Dua Rajawali, Jalan Pemuda No. 70, Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/3/2013).

Di survei yang digelar LSI pada 1-8 Maret 2013 ini, Jokowi memang hanya diikutkan dalam survei cawapres saja. Jokowi menjadi cawapres paling potensial mengungguli Jusuf Kalla (JK), dan Hatta Rajasa.

LSI pun mengungkap alasan lain tak memasukkan Jokowi sebagai kandidat capres. Rupanya karena Jokowi tak pernah menyatakan diri sebagai capres dan PDIP tidak memberikan sinyal dukungan.

"Meskipun Jokowi di pilgub Jakarta diusung PDIP, namun hingga saat ini belum ada pernyataan dari partai tersebut soal Jokowi capres," katanya.

Lalu kenapa JK juga tidak dimasukkan dalam kandidat cawapres? "Karena bukan pimpinan struktural partai," kilahnya melanjutkan.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka dengan 1.200 orang responden. Margin of error 2,9 persen. Berikut elektabilitas masing-masing kandidat capres, berdasarkan survei LSI, jika Pilpres digelar hari ini:

1. Megawati Soekarnoputri: 20,7 persen
2. Aburizal Bakrie: 20,3 persen
3. Prabowo Subianto: 19,2 persen
4. Wiranto: 8,2 persen
5. Hatta Rajasa: 6,4 persen
6. Ani Yudhoyono: 2,4 persen
7. Surya Paloh: 2,1 persen
8. Suryadharma Ali: 1,9 persen
9. Muhaimin Iskandar: 1,6 persen
10. Anis Matta: 1,1 persen
Belum memutuskan: 16,1 persen

Sementara Jokowi dan JK hanya ditempatkan pada kandidat cawapres saja, berikut kandidat cawapres paling potensial versi LSI Denny JA jika Pemilu diadakan sekarang:

1. Joko Widodo: 35,2 persen
2. Jusuf Kalla: 21,2 persen
3. Hatta Rajasa: 17,1 persen
4. Mahfud MD: 15,1 persen
5. Suryadharma Ali: 2,9 persen
6. Muhaimin Iskandar: 2,2 persen
7. Anis Matta: 1,9 persen
8. Nama lain (Chairul Tanjung, Gita Wirjawan): 2,1 persen
Belum memutuskan: 2,3 persen

Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar