Sabtu, 15 November 2014

Jokowi Jadi Perhatian di G20

Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 menjadi perhatian media asing. Kantor berita BBC, misalnya, memasang foto tibanya Jokowi di Terminal G20 di Bandara Internasional Brisbane, Queensland, Australia, 14 November 2014, pada halaman utama.
Media Jerman, Deutsche Wellee, juga menulis soal kedatangan perdana Jokowi di Australia sebagai Presiden Indonesia.
Begitu pula media-media Australia, seperti The Guardian, yang memasang foto jamuan makan malam Perdana Menteri Tony Abbott dengan Jokowi, Jumat kemarin. Acara itu sekaligus menjadi forum pertemuan bilateral.
Media The Conversation menuliskan, pada 15 November 2014, Joko Widodo dipandang sebagai Presiden Indonesia dengan gaya diplomatik blakblakan dan dinobatkan sebagai tamu paling penting dalam acara G20 oleh sang tuan rumah, Tony Abbott. Rencananya, Jokowi akan berbicara soal maritim, perdagangan, dan infrastruktur dalam forum internasional tersebut.
Para pemimpin dunia lain juga sudah berdatangan. Perdana Menteri Inggris David Cameron merupakan pemimpin negara pertama yang tiba. Ia mendarat pada Jumat pagi untuk mengikuti sidang parlemen Australia.
Selanjutnya, David Cameron dan tuan rumah, Tony Abbott, bersama menuju Brisbane dengan pesawat Royal Australian Air Force dan mendarat pada pukul 16.00 waktu setempat.
Delegasi dari India, Jepang, Meksiko, dan Korea Selatan mendarat pada hari yang sama di Bandara Internasional Brisbane.
Kanselir Jerman Angela Merkel mendarat di Bandara Internasional Brisbane tepat setelah Vladimir Putin meninggalkan bandara menuju Hotel. Tak lama setelah itu, Presiden Cina Xi Jinping menyusul sampai di bandara yang sama, seperti dilansir dari News.com.au pada 14 November 2014.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar