Selasa, 28 Oktober 2014

Ini Reaksi Ketua BPK Saat Presiden Jokowi Hadiri Pelantikannya di MA

Pertama kalinya dalam pelantikan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) seorang presiden hadir. Jokowi pagi tadi memang menghadiri pelantikan Ketua BPK Harry Azhar. Sebelum-sebelumnya, presiden tak pernah datang.
Momen kedatangan Jokowi di MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (28/10/2014) memang cukup langka.
Apalagi sejumlah menteri hadir, antara lain Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Ketua BPK Harry Azhar yang ditanya soal kehadiran Jokowi dan menteri-menteri ini hanya tertawa. Dia mengaku tak tahu mengapa Jokowi yang berjas dan berdasi hadir di pelantikannya.
"Saya nggak tahu. Mungkin barangkali dia ingin dekat sama BPK," jelas Harry dengan tawa.
Di masa Presiden SBY pertama (2004-2009), pelantikan Ketua BPK Anwar Nasution dilakukan oleh Ketua MA di hadapan Presiden di Istana Negara. Sedang pemerintahan SBY periode kedua (2009-2014), Ketua BPK Hadi Poernomo dilantik di gedung MA oleh Ketua MA. Pelantikan ini dihadiri oleh Wapres Boediono dan sejumlah menteri, tanpa dihadiri Presiden SBY. Hadi Poernomo yang memasuki pensiun kemudian digantikan Rizal Djalil. Rizal juga dilantik di gedung MA dan tidak dihadiri oleh presiden/wapres pada 28 April 2014.
Belum diketahui alasan mengapa Presiden Jokowi hari ini berkenan menghadiri pelantikan Ketua BPK.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar