Selasa, 28 Oktober 2014

Jokowi Akan Beri Bantuan E-card untuk Pengungsi Sinabung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan memberikan bantuan secara langsung kepada ribuan pengungsi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Bantuan tersebut berupa rekening tabungan dalam bentuk kartu elektronik.
"Bapak besok ke Sinabung, ingin berikan bantuan, berupa tabungan menggunakan kartu elektronik, sim card. Nilainya belum tahu, tergantung presiden," ungkap Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/10/2014).
Dana bantuan yang akan diserahkan kepada para pengungsi nantinya akan diambil dari Anggaran Operasional Presiden. Keputusan untuk menggunakan kartu elektrik sendiri merupakan ide Jokowi, alasannya agar bisa lebih menjangkau orang-orang miskin.
"Presiden ingin gunakan teknologi untuk menjangkau orang miskin. Jadi gunakan sim card, hp, meski enggak harus pakai HP, tapi lewat sim card. Pengambilan bantuan bisa lewat agent Indomaret. Kartu itu datangnya dari kami," paparnya.
Bambang melanjutkan, bantuan tersebut nantinya tidak hanya digunakan bagi korban letusan Gunung Sinabung saja, tapi juga bantuan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Pemerintah pun akan menggandeng Bank Mandiri sebagai mitra kerja penyerahan bantuan.
"Bank mandiri, ini bank buku empat. Boleh gunakan lembaga non hukum. Kalau hukum kaya indomaret, tapi non hukum, bisa ke masyarakat," ujarnya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar