Rabu, 17 September 2014

Jokowi: Kirimlah Kader Partai Terbaik untuk Menteriku!

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) meminta partai-partai politik pengusungnya, menyeleksi kader terbaik untuk dicalonkan sebagai menteri dalam kabinet mendatang. Hingga kini, Jokowi belum menentukan kementerian apa saja yang akan diisi kalangan profesional partai.
"Sekarang tugas partai menyeleksi kader profesional untuk masuk kabinet. Nama-nama itu baru muncul nanti awal Oktober," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/9/2014).
Jokowi menilai partai adalah inkubator pemimpin politik nasional sehingga tak aneh jika kabinetnya nanti juga diisi kalangan profesional partai.
Ditanya mengenai jatah menteri per partai, Jokowi mengaku masih membahas hal itu. Menurut dia, belum ada keputusan berapa menteri yang akan ditarik dari tiap partai pengusung. Tapi, ia memastikan distribusi menteri untuk kalangan profesional partai berdasarkan sistem proporsional. "Tidak mungkin PDIP satu lalu Partai Nasdem 10. Sama saja kayak partai pemenang pemilu tidak jadi ketua DPR," katanya.
Dalam arsitektur kabinet Jokowi-Kalla, sebanyak 18 kementerian akan diisi kaum profesional nonpartai sementara sisanya diisi kaum profesional partai. Profesional nonpartai akan menduduki pos strategis seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Dari 34 kementerian, 19 kementerian merupakan nomenklatur lama, enam kementerian lama dengan nomeklatur baru, enam kementerian gabungan dari sebelumnya, dan tiga kementerian baru. Kementerian gabungan antara lain Kementerian Kedaulatan Pangan yang merupakan gabungan kementerian pertanian, perkebunan, dan perikanan.
Kementerian gabungan lain, yakni Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset yang merupakan gabungan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset dan Teknologi. Sedangkan Kementerian baru yaitu Kementerian Agraria, Ekonomi Kreatif, dan Kependudukan. [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar