Sabtu, 06 September 2014

Jokowi: Gunakan Media Sosial dengan Santun, Jangan Semaunya!

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) ikut menanggapi pelaporan pemilik akun @kemalsept ke polisi oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Bagi Jokowi, media sosial harus digunakan sesuai aturan dan norma.
"Setiap orang berbeda-beda, tetapi saya mengingatkan penggunaan sosial media itu dengan santun sesuai budaya Indonesia, jangan semaunya," kata Jokowi, Sabtu (6/9/2014).
Jokowi mengingatkan pengguna media sosial tidak sembarang mengumbar pernyataan terkait orang lain. Sebab bisa jadi pernyataan itu malah membuat si pengguna media sosial berurusan dengan hukum. "(Bebas) ada batasnya," kata Jokowi.
Untuk urusan media sosial, Jokowi memilih tidak menanggapi sindiran atau bahkan hinaan terhadap dirinya ataupun Jakarta.
"Ndak, ndak (lapor melapor). Coba kamu lihat waktu kampanye, coba?" kata Jokwi bertanya balik ke wartawan.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) sebelumnya menyatakan dirinya merasa tersinggung dengan isi cuitan akun @kemalsept yang telah menyerangnya secara pribadi. Emil mengatakan isi postingan akun tersebut dianggap begitu kasar dan tidak sesuai fakta alias fitnah.
Karena itu Emil berencana melaporkan si pemilik akun ke kepolisian. "Saya tersinggung karena bukan hanya urusan Bandung tapi menyerang saya secara pribadi. Tapi kalau sudah nyerang pribadi kan ada kehormatan pribadi yang harus dijaga," kata Emil. 
Melalui akun Twitter-nya, @kemalsept, dia menghina Kota Bandung dengan sebutan kota yang penuh dengan pelacur. Tak hanya satu kali, Kemal tercatat melakukan empat kali kicauan berisi penghinaan terhadap Kota Bandung di akun Twitter-nya.
Selain penghinaan terhadap Kota Bandung, @kemalsept juga menyebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan kata "kunyuk".
"@olegunnnn UDAH P*R*K MAH P*R*K AJA SALAM F**K BUAT SI KUNYUK @ridwankamil YANG ABIS NG*W* SAMA ARIEL GAY CUIH LOL HAHAHA BANDUNG P*R*K," tulis @kemalsept.
"@olegunnnn BANDUNG KOTA P*R*K SAMPAH HAHHA", "@olegunnnn BANDUNG KOTA P*R*K HAHAHA," sambungnya dalam waktu yang sama.
Tak berselang lama, akun @kemalsept kembali berkicau. Dalam kicauannya yang terakhir terkesan menantang. "BANDUNG SAMPAH KOTA P*R*K P*LAC*R SEMUA LOL HAHAHAHA LAPOR? BANCI ! SILAHKAN AJA KALO BERANI HAHAHAHAHAHA," tulisnya.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar