Selasa, 07 Januari 2014

Jokowi Diserbu Ibu-ibu di Puskesmas Jatinegara

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jatinegara. Ia datang untuk meninjau mengenai penggunaan Kartu Jakarta Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Saat sampai di Puskesmas, Jokowi langsung menuju ruang administrasi. Ternyata dia ingin memastikan bahwa data yang ada di Puskesmas siap untuk menangani masyarakat, Kamis (7/1/2014).
Jokowi sempat berbincang-bincang dengan dokter dan staf rumah sakit. Dia menanyakan adakah kesulitan dalam penerapan KJS dan JKN di Puskesmas ini. Sebab sampai saat ini, dia masih saja mendengar kabar banyak kendala saat menggunakan KJS.
"Padahal padahal JKN itu setengahnya dari KJS. Jadi masih kepake," ujarnya di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Selasa (7/1/2014).
Sejauh ini, pihak ke puskesmas mengatakan tidak ada masalah. Dan semua berjalan dengan baik-baik. Tetapi Jokowi mengingatkan agar tetap memberikan penyuluhan kepada masyarakat.
Seorang pasien mengatakan bahwa anaknya cek darah tapi tetap harus membayar. "Anak saya kok jadi harus bayar, Pak?" tanya ibu tersebut kepada Jokowi.
Jokowi mengangguk dan menyampakan dirinya akan berusaha menyelesaikan permasalahan ini.
"Ini KJS sekarang gabung sama KJN. Tapi ada pelayanan yang sudah diberikan (oleh KJS), tapi JKN (tidak memberikan). Nah ini jadi masalah," jelas Jokowi.
Beberapa pelayanan yang ditanggung KJS, tapi tidak diberikan oleh JKN antara lain acalah cek darah, IKD dan kimia darah.
"Ini yang mau saya bicarakan dengan BPJS. Karena dulunya ada kok sekarang nggak ada," imbuhnya.

Jokowi Jenguk Ibu yang Melahirkan di Jembatan
Jokowi juga menjenguk Mutia Rahmawati, ibu yang melahirkan seorang diri di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Kebon Pala, Jakarta Timur, Senin (6/1/2014) dini hari kemarin.
"Sehat semuanya?" tanya Jokowi pada Mutia yang sedang menggendong bayi perempuannya.
Mutia yang mengenakan jilbab jingga hanya mengangguk. Selain menggendong bayi putri keempatnya, perempuan asal Kediri itu juga dikelilingi tiga anaknya yang lain. Anak tertua baru berusia tujuh tahun.
Mantan wali kota Solo itu kemudian menyalami Mutia sambil menyerahkan amplop berisi uang. "Mudah-mudahan cukup," kata Jokowi.
Setelah keempat anaknya bersalaman dengan Jokowi, dia lalu menasihati Mutia supaya tak menambah anak. "Empat ini anaknya semua? Cukup, ya," kata Jokowi.
Sebenarnya, saat Jokowi mengunjungi Puskesmas, Mutia dan empat anaknya sedang dalam perjalanan menuju Dinas Sosial. Namun, begitu tahu Jokowi datang, petugas puskesmas langsung meminta Mutia kembali.
Sesaat setelah melahirkan bayinya, Mutia ditemukan pedagang asongan dan petugas keamanan. Ia akhirnya dibawa ke Puskesmas Jatinegara untuk mendapatkan perawatan.

Epilog
Seperti biasa, kehadiran Jokowi mengundang perhatian pasien yang mengantre berobat. Mereka berebutan minta foto bareng.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar