Jumat, 06 Desember 2013

Strategi Jokowi Dongkrak APBD 2014

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjawab tantangan DPRD DKI Jakarta yang ragu soal target pendapatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2014. Sejumlah fraksi ragu dengan target pendapatan asli daerah 2014 yang dirancang Jokowi sebesar 39,55T, meningkat dari target tahun ini yang sebesar 26,26T, tercapai.
"Kami akan mengoptimalkan realisasi rencana pendapatan, serta acuan peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan, serta pajak lainnya," kata Jokowi di Gedung DPRD, Jumat (6/12/2013).
Menurut Jokowi, pajak diandalkan karena berhasil mencapai target pada tahun ini. Dia menyodorkan tiga strategi untuk lebih mengoptimalkan pendapatan dari sektor itu. Pertama adalah peningkatan pajak reklame yang dilakukan dengan cara canvassing reklame liar, pencairan tunggakan atas reklame Belum Daftar Ulang. Ada pula pengenaan pajak progresif terhadap reklame produk, serta perubahan dasar pengenaan pajak reklame berupa perubahan Nilai Sewa Reklame untuk LED berdasarkan durasi tayang.
Strategi kedua adalah meningkatkan pendapatan dari parkir. Ini dilakukan diantaranya dengan penerapan Cash Management System terhadap online system untuk wajib pajak parkir on-street dan off-street.
Terakhir, Jokowi mewacanakan optimalisasi peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang dilakukan dengan cara, penilaian individu atas objek komersil dan khusus dan melakukan penyesuaian Zona Nilai Tanah atau Nilai Indikasi Rata-rata untuk mendekati harga pasar. "Dengan cara-cara ini maka pendapatan daerah akan terkerek," katanya.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar