Selasa, 15 Oktober 2013

Monorel Mulai Besok

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memulai secara simbolik pembangunan Jakarta Monorel di Kuningan besok, Rabu (16/10/2013). Peletakan batu pertama (ground breaking) akan menandai proses panjang pembangunan monorel.
"Besok. Insya Allah pukul 09.00 WIB di Kuningan," kata Jokowi itu di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2013).
Juru Bicara PT Jakarta Monorel Bovanantoo menyebutkan pengerjaan awal adalah membangun pondasi. Termasuk menguji kembali pondasi milik PT Adhi Karya yang teronggok bertahun-tahun.
"Pekerjaan pondasi untuk pear kolom, tiang boor pile. Tiang baru, kalau tiang lama akan dilakukan uji karena beda kiteria, jadi harus ada kajian," kata Bovanantoo saat dihubungi.
Pengerjaan ini dianggarkan sebesar Rp 8 triliun. Diharapkan bisa selesai dalam 3 tahun untuk jalur green line dan jalur blue line yang telah direncanakan.
"Kita tidak mengenal libur ataupun cuti untuk mengerjakan monorail. Untuk pembangunan teknis konstruksinya, akan dikerjakan malam hari demi menghindari kemacetan," ujar Bovanantoo.
Tiang-tiang akan dipasang dengan jarak per tiang 24 meter. Bovanantoo menambahkan proyek ini juga menggandeng China Communications Construction Company Ltd untuk pemasangan tiang-tiangnya.
"Tiang baru masih banyak, dari 11 green line per 24 meter nantinya ada tiang," kata Bovanantoo.
Untuk menghindari kemacetan bertambah parah akibat pengerjaan proyek ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI. Koordinasi tersebut dilakukan dengan memetakan titik-titik kemacetan terparah dan jalur alternatif yang bisa dioptimalkan.
"Dishub akan menyiapkan dokumen, dampak lalin, per spot dilakukan pra konstruksi, dan pasca konstruksi," tutup Bovanantoo.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar