Rabu, 18 September 2013

Jokowi Akan Tanam Pohon Pelangi di Taman-taman Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menganggap taman Jakarta tidak berkarakter. Pernyataan ini direspons Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI dengan  mengajukan anggaran Rp 6 miliar untuk perbaikan taman-taman kota.
"Dana itu salah satunya untuk revitalisasi Taman Semanggi. Ini arahan Pak Jokowi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Jonathan Pasodung. "Luas lahan yang akan direvitalisasi totalnya tujuh hektare," katanya di Balaikota, Rabu (18/9/2013).
Ia menjelaskan salah satu bentuk revitalisasi adalah mengganti pohon lama dengan yang baru. "Pohon lama akan digeser dan dipotong. Diganti pohon-pohon baru yang lebih berkarakter. Jadi nanti kalau lihat ada pohon ditumbangkan, itu dalam rangka revitalisasi," katanya.
Pohon-pohon yang dianggap berkarakter ini adalah jenis pohon Ketapang Kencana, Pulek, dan Ekaliptus pelangi. Tanaman ini dianggap bisa mengganti tanaman lama karena dianggap lebih estetis tanpa mengurangi fungsi penyerap air dan penyaring oksigen.
"Semanggi nanti bertambah teduh dan asri. Sehingga, saat orang-orang terjebak kemacetan dapat  menikmati sebuah estetika," katanya.
Pembangunan taman ini akan dimulai pada Oktober ini dan ditargetkan selesai pada akhir tahun. "Masalah dana yang Rp6 miliar sumbernya dari CSR, Toyota," katanya.

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar