Sabtu, 27 Juli 2013

Ahok Dukung Jokowi Nyapres, Pengamat: Ahok Incar DKI-1

Berbeda dengan partainya, yang berusaha menekuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) agar tak menjadi Capres 2014, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) justru menyatakan mendukungnya untuk Jokowi agar maju menjadi Capres 2014. Hal ini disebabkan, Jokowi selalu menjadi top of the top semua survei yang diadakan untuk menjerat nama-nama Capres 2014 yang diinginkan masyarakat.
"Iya bagus itu (Jokowi nyapres), kalau kita berandai-andai," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (26/7/2013).
Padahal dalam berbagai kesempatan sebelumnya, Ahok mengaku ingin Jokowi tetap di Balai Kota DKI Jakarta. Ahok ingin Jokowi tetap menyelesaikan satu periode di DKI Jakarta.
Penyataan Ahok yang sangat masif itu menimbulkan kesan lain bagi beberapa pengamat politik.
Menurut pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti, pernyataan Ahok tersebut merupakan sebuah tak-tik seorang politisi. Ahok ingin menjadi gubernur DKI Jakarta.
"Politisi ya begitu, itu tak-tik dia saja. Itu tak-tik Ahok buat jadi DKI 1," ujar Ray Rangkuti, Jumat (27/7/2013).
Menurut Ray, dalam politik memang tidak ada konsistensi karena semua berjalan secara dinamis. Menurutnya, pernyataan Ahok sebelumnya yang menginginkan Jokowi tetap di Ibu Kota juga tidak salah dalam dunia politik.
"Yang politik itu memang dinamis, sama dengan Jokowi, dulu juga menolak kan jadi capres, tetapi sekarang? Dalam politik last minute bisa berubah. Itulah politik," ujarnya.
Ahok sendiri memang pernah berhasrat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jauh sebelum Pilgub DKI digelar, mantan bupati Belitung Timur ini telah mengumpulkan KTP untuk maju sebagai calon independen. Namun sayang, mantan politisi Golkar ini gagal mengumpulkan KTP sebagai syarat untuk maju dari jalur perseorangan.
Ahok lalu ditarik menjadi cawagub Jokowi oleh Gerindra. Bahkan saat itu Ahok juga langsung pindah partai merapat ke Gerindra. Duet Jokowi-Ahok pun mampu mengalahkan calon incumbent Foke-Nachrowi.
Jokowi-Ahok pun akhirnya melenggang ke Bali Kota DKI Jakarta. Dan bila benar Jokowi maju sebagai capres, hasrat lama Ahok untuk jadi Gubernur DKI Jakarta tentu akan terwujud.


Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar