Selasa, 09 April 2013

Jokowi akan Ajari Warga Atasi Kebakaran

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pihaknya akan memberdayakan masyarakat, khususnya warga di wilayah rentan kebakaran, untuk sigap ketika si jago merah datang.
"Ini harus pemberdayaan masyarakat. Karena, tempat-tempat seperti ini (Tambora) tidak mungkin bisa mendapatkan layanan (maksimal) dari pemadam kebakaran," ujar Jokowi saat menyambangi kawasan kebakaran Tambora, Jakarta Barat, Selasa (9/4/2013).
Jokowi menjelaskan, pemberdayaan masyarakat, yakni diajari bagaimana bereaksi cepat bila kebakaran masih kecil, dengan alat yang ada. Jokowi menuturkan, penyebab tidak maksimalnya mobil pemadam kebakaran memadamkan api, lantaran kondisi pemukiman yang cukup padat, sehingga mobil pemadam terhambat masuk.
"Karena, kalau seperti di tempat ini kan problemnya adalah mobil kebakaran besar tidak mungkin bisa masuk. Sehingga, api semakin besar," papar Jokowi.
Belum lagi, lanjut Jokowi, solusi yang diwarisi Gubernur DKI Sebelumnya, Fauzi Bowo, yakni motor damkar, belum berhasil menghadang api. Apalagi, pawang geni ide Jokowi ukurannya terlalu besar, sehingga sulit dioperasikan.
"Kemarin kan sudah dicoba yang pakai sepeda motor, ternyata juga tidak bisa. Karena lebarnya dua meter, tidak cukup efektif, tidak bisa masuk ke gang-gang setengah meter. Pawang geni juga minta dikecilkan," jelas Jokowi.


Sumber :
jakarta.tribunnews.com

Berita Lanjutan :
- jakarta.tribunnews.com : "Warga DKI akan Dilatih Menggunakan Pawang Geni"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar