Selasa, 06 Januari 2015

Puluhan Sarjana Ekonomi Menghadap Jokowi

Hari ini, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden. Pertemuan ini berlangsung singkat, mulai dari jam 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.
Ketua Harian ISEI, Muliaman D Hadad, menyebutkan pertemuan ini merupakan yang pertama kali dengan Jokowi. Namun tidak membicarakan topik khusus.
Selain dengan Jokowi, pertemuan ini ditemani oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Sekretaris Negara Pratikno.
"Untuk pertama kali kami silaturahmi dengan Presiden, diskusikan berbagai macam, tidak ada topik khusus. Mulai bagaimana perlu mengembangkan aspek kelembagaan, SDM kemaritiman, infrastruktur," kata Muliaman, Jakarta, Selasa (6/1/2015).
Muliaman menambahkan, pertemuan ini juga untuk melaporkan hasil sidang pleno ISEI yang telah dilakukan pada September tahun 2014.
"Kami sampaikan ke Presiden, diskusi-diskusi itu bagaimana para paraktisi. Sudah saatnya kita fokus pada implementality pada ide-ide besar kita dan workablility bagaimana kita meningkatkan kesejahteraan rakyat," paparnya.
Sementara itu, Sekretaris ISEI Aviliani menjelaskan, dari hasil sidang pleno ISEI yang disampaikan ke Presiden Jokowi, hampir sudah direspon dan banyak yang sudah dijalankan, seperti pengalihan-pengalihan APBN ke arah yang lebih produktif. "Diharapkan dari ISEI itu masukan gimana soal membangun SDM ke depan," imbuhnya.
Menurut Aviliani, ISEI memiliki tugas untuk jangka menengah panjang itu memberikan masukan-masukan pada pemerintah untuk masa mendatang.
"Tadi yang dibahas soal infrastruktur. Nanti ke depan lebih banyak soal SDM vocational, tidak berbasis pada kantor, tapi di lapangan. Soal penggunaan APBN, gimana penghematan di tahun ini akan dialokasikan ke banyak hal. Itu yang tadi didiskusikan," jelasnya.
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menambahkan, kedatangan ISEI hari ini adalah menyampaikan rekomendasi sidang Pleno pada September tahun 2014. "Saya mendampingi pak Presiden menerima pengurus ISEI. ISEI cuma sampaikan rekomendasi sidang pleno mereka september kemarin. Ya utamanya peningkatan SDM," tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar