Selasa, 06 Januari 2015

Presiden Ingin Optimalkan BUMN Bangun Indonesia Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan fungsi dan kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan semakin ditingkatkan. Selain meningkatkan fungsi komersial dari BUMN, Presiden Jokowi akan memanfaatkan BUMN untuk membangun timur Indonesia.
Ekonom Universitas Indonesia, Aviliani, menjelaskan bahwa pernyataan ini dikeluarkan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) beberapa jam yang lalu.
Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa BUMN akan melakukan pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi di daerah timur Indonesia. Sebab, Indonesia Timur sering kali dinilai swasta tidak menarik secari bisnis.
"Jadi nanti BUMN masuk. Swasta kan jarang masuk. Pembangunan tol misalnya," ujar Aviliani, di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2015).
BUMN akan menjalankan fungsinya sebagai pemberi layanan bagi masyarakat. Jadi BUMN tidak boleh hanya mengejar fungsi komersial. "Jadi yang tidak feasable, ditanggung pemerintah," ujar dia.
Langkah tersebut kemudian dibantu dengan memberikan insentif kepada BUMN. Seperti pengurangan dividen kepada pemerintah. Dengan begitu, BUMN dapat melakukan ekspansi dan fokus dalam pengembangan perusahaan. Hal tersebut dinilai sangat menarik bagi Aviliani.
"Menarik, mengenai BUMN. Pak Jokowi ingin mengubah, lebih meningkatkan peranannya," tutur ekonom Indef itu.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar