Rabu, 08 Oktober 2014

Jokowi Hadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi membuka pameran dagang terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 dengan tema "Towards Green Business”. Acara tersebut pun dihadiri oleh presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Lutfi pun meminta izin kepada presiden terpilih Jokowi untuk berpidato dengan menggunakan bahasa Inggris, karena di dalam acara TEI ke-29 ini banyak dari buyers maupun eksportir dari luar negeri.
"Saya mencoba sampaikan dengan bahasa inggris. Karena banyak buyers kita dari luar negeri. Untuk itu saya minta izin untuk pidato dalam bahasa inggris," kata Lutfi sambil diikuti tepuk tangan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Rabu (7/10/2014)..
TEI 2014 akan digelar di area seluas 40.000 m2 dan diikuti sekitar 2.000 peserta pameran dengan target pengunjung sebanyak 10.000 orang. Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari komoditas ekspor utama, komoditas ekspor prospektif, dan produk ekspor lainnya.
Produk-produk tersebut akan menekankan pada kesinambungan perusahaan dalam menjalankan bisnis hijau, yaitu produk yang dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan sosial sehingga produk yang dihasilkan tidak sekadar memenuhi standar fungsi dan estetika.
Penerapan teknologi yang ramah lingkungan dan kearifan lokal merupakan kekuatan tersendiri dan menjadi nilai tambah terhadap daya saing produk-produk ekspor Indonesia. Dengan strategi hilirisasi dan penguasaan teknologi tepat guna yang berstandar internasional, diharapkan dapat mendukung perkembangan sektor perdagangan Indonesia ke depan.
Melalui penyelenggaraan TEI 2014 diharapkan pengembangan akses dan peluang pasar ekspor ke kawasan nontradisional, seperti Asia, Afrika, Timur Tengah, Eropa Timur, dan Amerika Latin semakin terbuka.

Ngopi bersama Lutfi
Pada kunjungan tersebut, Jokowi ngopi bareng dengan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, ditemani beberapa wanita cantik setelah sebelumnya berkeliling stan pameran dagang terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 dengan tema "Towards Green Business”. Mereka ngopi bareng di stand Kopi Kamu.
"Saya pesan double espreso," ucap Lutfi di Kopi Kamu di kawasan International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Rabu (8/10/2014).
"Untuk pak Jokowi kopi biasa saja," tambah Lutfi.
Penjaga stand Kopi Kamu menjelaskan, kopi merupakan salah satu hasil penyumbang ekspor terbesar di Indonesia dengan bermacam varian. Kopi Indonesia juga sudah terkenal di hampir seluruh belahan dunia.
Jokowi dengan Lutfi pun asik mendengarkan penjelasan tentang kopi dan sambil menyeruput kopinya.  [okezone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar