Kamis, 25 September 2014

Jokowi Resmikan Penyaluran Gas ke Rusun Marunda

Presiden sekaligus Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penyaluran gas bumi sektor rumah tangga ke Rusun Marunda, Jakarta Utara. Penyediaan gas tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kementerian ESDM, Pemprov DKI Jakarta dan PT Perusaaan Gas Negara (PGN).
Jokowi ingin mendorong agar pemakaian gas bumi bisa dilakukan sebanyak-banyaknya, terutama untuk menunjang sektor.
"‎Ingin mendorong secepat-cepatnya agar pemakaian gas bumi itu bisa dilakukan sebanyak-banyaknya. Baik di rusun, apartemen, baik di industri. Selama ini bisa mengefesiensikan biaya-biaya rumah tangga dan industri," kata Jokowi di Rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (25/9/2014).
Jokowi juga mengatakan pemakaian gas bumi oleh rumah produksi juga akan menyebabkan harga produk jadi lebih kompetitif. "Di rumah masyarakat bisa berhemat karena tadi biaya murah banget cuma, Rp 20-30 ribu," katanya.
Pemakaian gas bumi di Rusun Marunda ini menggunakan pipa besar yang kemudian disalurkan ke tiap-tiap unit rusun. Instalasi dilakukan di tower yang sudah ditempati.
"Ini lebih aman, tekanan tidak tinggi, tapi panasnya memenuhi," kata Jokowi.
"Infrastruktur hemat, yang mahal itu pipa utamanya. Gas bumi ini ada di negara kita jadi nggak perlu impor. Kalau BBM kan impor. LPG sebagian impor sekitar 60 persen. Justru ini lebih aman, tapi kita ingin mendorong industri dan rumah tangga menggunakan ini," tambahnya.
Kehadiran Jokowi di lokasi tersebut disambut meriah oleh warga. Meski dikawal Paspampres, warga masih banyak yang mengerubungi Jokowi untuk bersalaman dan berfoto bersama.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar