Senin, 28 Juli 2014

Jokowi Batal Salat Id Bersama SBY


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (SBY) batal melaksanakan salat Id bersama di Istiqal, SBY melaksanakan salat di Masjid Istiqlal, sedangkan, Jokowi melaksanakan salat Id di Balai Kota Jakarta bersama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta, Senin (28/7/2014).
Bedasarkan pantauan awak media, SBY datang pukul 7.05 WIB. Ia kemudian langsung melaksanakan salat bersama jamaah masjid lainnya. SBY duduk di barisan salat paling depan bersama para pejabat lainnya. Termasuk beberapa duta besar negara sahabat.
"Saudara-saudara bapak SBY sudah datang di sini. Diharapkan segera merapikan safnya," kata petugas masjid lewat pengeras suara pada pukul 07.00 WIB,
Sementara Jokowi melakukan salat Id di Balai Kota Jakarta. Jokowi menggelar salat Id bersama para PNS dan warga DKI Jakarta.
"DKI 1 tidak salat di Istiqlal, Presiden dan wakil presiden be serta menteri-menteri yang salat di sini. (Salatnya) Di balai kota DKI 1," kata salah satu Paspampres di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (28/7/2014).
Diketahui, masyarakat sudah mulai mendatangi Masjid Istiqlal sekitar pukul 04.00 WIB, sementara pelaksanaan Sholat Id akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.Sholat Id di Masjid terbesar di Asia Tenggara ini, akan dipimpin oleh Imam Drs. H Hasanudin Sinaga MA dan Khatib dari satu Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni Prof Dr H Masykuri Abdillah. Adapun tema kotbah, yaitu Spirit Idul Fitri Tentang Cinta Kebangsaan dan Ke Indonesiaan.

Penjagaan Salat Id di Balai Kota Dijaga Ketat
Tidak biasanya salat Id di Balai Kota, Jakarta dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Pagi ini, Senin (28/7/2014), sejumlah aparat kepolisian dari satuan Brimob nampak berjaga di depan pintu gerbang.
Sebelum masuk ke dalam kompleks Balai Kota, terdapat dua metal detector, yang masing-masing alat itu dijaga dua personel kepolisian mengenakan baju safari cokelat pudar.
Setidaknya ada tiga kali pemeriksaan. Pertama, masuk melalui metal detector, kemudian pemeriksaan barang bawaan seperti tas dan terakhir pemeriksaan badan. Setelah itu barulah dipersilakan masuk.
Selain itu, di pintu masuk ruang utama kegubernuran di Balai Kota pun biasanya tidak dipasang metal detector. Namun kali ini terdapat satu metal detector dan beberapa personel Brimob yang berjaga.
Saat ini shalat Id telah usai. Gubernur DKI Jakarta sekaligus presiden terpilih Joko Widodo beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta menggelar open house. Para jamaah yang telah menunaikan ibadah shalat pun langsung berbaris di depan pintu utama Balai Kota untuk bersilaturahmi dengan pejabat Pemprov DKI.

Suasana Salat Id di Balai Kota
Jokowi mengenakan baju muslim berwarna putih, dengan celana bahan berwarna hitam. Mengenakan kopiah berwarna hitam. Jokowi tiba di Balai Kota sekitar pukul 06.00 pagi. Setibanya di Balai Kota, Jokowi langsung mengambil posisi di barisan paling depan, duduk persis di hadapan mimbar. Ibadah pun dimulai dengan doa. Setelah doa, barulah masuk pada sesi kotbah,
Saat mendengar kotbah, mantan walikota Surakarta ini terlihat beberapa kali tertunduk beberapa menit. Sesekali Jokowi menegakkan kepalanya. Namun posisi duduknya tidak berubah. Kaki tetap bersila dan kedua tangannya memegang kedua lututnya.
Dalam ibadah shalat Ied ini, Jokowi didampingi oleh Ketua DPRD DKI Ferriyal Sofyan, Asisten Deputi Gubernur Bidang Pemerintahan, Wiryatmoko, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI, Ratiyono, Kepala Dinas Pariwisata DKI, Arie Budiman dan sejumlah pejabat Pemprov DKI beserta jajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar