Minggu, 08 Juni 2014

Mengintip Kampanye Kreatif Mobil Digital Blusukan Jokowi

Mobil Digital Blusukan Jokowi. Itulah kendaraan yang diciptakan untuk melakukan kampanye kreatif mendukung Capres cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Mobil itu sudah blusukan ke 15 kota. Melalui aplikasi dan animasi, warga diajak berinteraksi dan curhat dengan Jokowi melalui media digital.
Pengamatan detikcom, mobil itu bercat merah putih dengan dihiasi umbul-umbul kecil warna warni ada hijau, kuning, merah dan biru. Mobil itu dilengkapi layar digital, aplikasi dan animasi.
Mobil ini dirancang oleh mahasiswa dan para profesional yang mendukung Jokowi-JK di Pilpres 2014. Ada 5 unit mobil serupa yang berkeliling di Pulau Jawa mulai dari Garut, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, dan Jabodetabek pasti. Tiap mobil memiliki tim 8 orang.
"Ngobrol dengan rakyat kan lewat blusukan tapi sekarang kan waktunya sudah susah. Jadi kita bantu dengan mobil ini untuk menampung aspirasi rakyat. Jadi masyarakat diajak berinteraksi dengan Pak Jokowi digital. Anggarannya dari donatur-donatur. Kalau mobilnya sendiri sudah ada, paling dari donatur untuk operasional," kata Bullitt, koordinator Generasi Optimis di depan lobi Hotel Twin Plasa, Jakarta, Minggu (8/6/2014).
Siapa pengisi suara saat menjawab pertanyaan? "Dari tim. Tapi kita sudah mempelajari semua hal yang dilakukan Pak Jokowi. Kalau pertanyaan nggak bisa dijawab, ditampung. Semua kita catat dan rekam," jawab dia.
Menurut dia, mobil itu dalam sehari berkeliling ke 5 hingga 10 titik antara lain saat acara car free day, tempat kuliner seperti di Sabang, Tebet, Blok M, dan Tanjung Priok. "Kalau di daerah ke pasar malam, acara gerak jalan. Hari biasa ke pasar, tempat kuliner. Kita banyak kontak dengan relawan di daerah, mereka banyak bantu," ungkap Bullitt.
Ketika ditanya tentang reaksi Jokowi, Bullitt mengatakan Jokowi sangat memberikan apresiasi. "Dia sudah tahu, Beliau sempet mention dan bilang ini memang sudah saatnya berkampanye dengan cara yang kreatif," kata Bullitt.
Dalam kesempatan itu, Cawapres Jusuf Kalla sempat menjajal berkomunikasi dengan Jokowi. "Apa khabar Pak jokowi, ke mana saja hari ini?", sapa JK yang mengenakan kemeja warna putih itu.
"Khabar baik," jawab Jokowi yang disampaikan melalui dubber.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar