Sabtu, 21 Desember 2013

Jokowi: Kedaulatan Tercapai Jika Petani Sejahtera

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kedaulatan pangan sebuah bangsa bisa tercapai jika nelayan dan petaninya sejahtera. Jokowi menuturkan muara dari konsep kedaulatan pangan berasal dari dua elemen ini.
"Saya ada cerita tentang petani semangka di Kebumen, Jawa Tengah," kata Jokowi di auditorium Harun Nasution Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Sabtu, 21 Desember 2013.
Menurut Jokowi, petani semangka di sana "terpinggirkan" karena tidak yang memperhatikan saat merka panen. "Saya lihat itu sampai pada busuk, kasian petaninya merugi," ujar Jokowi.
Menurut Jokowi, seharusnya pemerintah bisa melindungi hasil pertanian. Di Jakarta, dia menambahkan, Perusahaan Daerah Pasar Jaya sudah diperintahkan mulai memikirkan bagaimana membangun sistem untuk petani.
Dia mengamanatkan kepada Pasar Jaya untuk tidak membangun properti. Tapi bagaimana sebuah sistem distribusi dari hulu ke hilir, dari petani sampai nelayan hingga pedagang.
Tentu saja, Pemerintah Pusat, Jokowi melanjutkan, mesti ikut turun tangan. “Perannya, menjaga perekonomian makro agar tetap stabil.”

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar