Minggu, 17 November 2013

Ke Mana Dishub Saat Jokowi Blusukan ke Tanah Abang?


Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta pernah jadi sasaran omel Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di kawasan Tanah Abang, Jakarta beberapa waktu lalu. Tak adanya petugas saat terjadi kemacetan jadi penyebabnya.
Seakan tidak belajar dari pengalaman, kondisi yang sama terjadi saat Jokowi blusukan ke kawasan tempat relokasi pedagang kaki lima itu, Minggu (17/11/2013) jelang sore ini. Satu pun petugas Dishub tidak ada, saat kondisi lalu lintas semrawut.
Kondisi itu terjadi di sepanjang Jalan Jatibaru, tepatnya mulai selepas fly over Tanah Abang hingga di depan Blok G.
Stasiun Tanah Abang menjadi titik pertama tersendatnya lalu lintas. Angkutan kota, motor dan mobil pribadi seenaknya parkir di bahu jalan. Jalur mobil dinas sang gubernur yang seharusnya lurus pun mesti bermanuver meliuk-liuk terlebih dahulu untuk dapat keluar dari situasi tersebut.
Titik kedua masih di Jalan Jatibaru, tepatnya di depan Blok G, jalan tempat pertemuan kendaraan dari Jatibaru dengan Jalan K. S Tubun. Situasinya sama. Ketiadaan petugas Dishub membuat pengemudi angkot tidak takut berhenti mencari penumpang di depan Blok G. Pertemuan kendaraan dari dua jalan itu membuat lalu lintas tersendat. Belum ditambah penyeberang sembarangan.
Sekedar perhitungan, seharusnya ketika mobil dinas Jokowi masuk ke Jalan Jatibaru, waktu yang ditempuh agar sampai ke Blok G yakni 5 menit. Namun, nyatanya mobil Jokowi menempuh waktu dua kali lipat dari perhitungan gara-gara kondisi lalu lintas.
Kehadiran Jokowi di Blok G sendiri adalah untuk wawancara oleh salah satu stasiun televisi. Di sela-sela acara tersebut, Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang dengan pedagang. Setelah sekitar 30 menit di Blok G, Jokowi yang mengenakan kemeja khas blusukan yang berwarna putih dengan lengan panjang itu bertolak dari lokasi. Jokowi mengatakan, dia akan menuju Festival Johar Baru di Jakarta Pusat.
Mobil Toyota Innova B 1124 BH Jokowi pun kembali meliuk-liuk di kawasan Tanah abang. Lagi-lagi tanpa ada satupun petugas Dishub Jakarta. Ke mana petugas Dishub saat Jokowi blusukan ke Tanah Abang?

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar