Minggu, 01 September 2013

Mampukah Kesebelasan KPD Babat Jokowi?

Komite Konvensi Partai Demokrat (PD) telah menetapkan sebelas nama yang akan mengikuti konvensi, kesebelasan Konvensi Partai Demokrat (KPD) terdiri dari,
  1. Marzuki Alie, Ketua DPR.
  2. Irman Gusman., Ketua Dewan Perwakilan Daerah.
  3. Dino Patti Djalal, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.
  4. Ali Masykur Musa, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
  5. Dahlan Iskan, Menteri BUMN.
  6. Gita.Wirjawan, Menteri Perdagangan.
  7. Endriartono Sutarto, Mantan Panglima TNI.
  8. Pramono Edhie Wibowo, Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).
  9. Hayono Isman, Anggota Komisi I DPR, Wanbin Partai Demokrat.
  10. Sinyo Harry Sarundajang, Gubernur Sulawesi Utara.
  11. Anies Baswedan, Rektor UniversitasParamadina.

Dari kesebelas nama tersebut belum satupun mempunyai urutan bagus dalam semua survei yang pernah diadakan, boro-boro ditandingkan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), dengan capres survei berperolehan 5% saja mereka ada jauh di bawah.
"Elektabilitas kesebelas peserta konvensi Demokrat tersebut semuanya masih jauh dibawah Jokowi, Prabowo Subianto maupun Aburizak Bakrie (ARB)," kata pengamat politik Arya Fernandez. Hal tersebut menurut Arya, tidak terlepas dari fungsi dan tujuan diadakannya konvensi PD yaitu untuk meningkatkan elektabilitas peserta konvensi tentunya akan berimbas pada elektabilitas PD.
"Ke depan Partai Demokrat berharap seluruh kandidat peserta konvensi bisa meningkatkan elektabilitas dirinya sendiri dan tentunya juga meningkatkan PD," kata Arya.
Namun disisi lain, Arya menilai sangat wajar jika saat ini kesebelas nama peserta konvensi tersebut masih berada dibawah Jokowi, Prabowo dan ARB karena memang belum bekerja secara maksimal.
"Mereka ini kan masih baru dan belum terlihat cara bekerjanya terkait konvensi Partai Demokrat, beda halnya jika mereka bekerja secara maksimal, semuanya itu pasti akan terlihat dengan berjalannya waktu namun saya tidak dapat memperkirakannya," kata Arya.
Di sisi lain, dirinya juga menolak untuk membandingkan kesebelas peserta konvensi Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut dengan Anas Urbaningrum.
"Kita tidak bisa membandingkan mereka dengan Anas, karena kalau membandingkan itu kan harus seimbang. Namun saya lihat kesebelas peserta konvensi Partai Demokrat tersebut memiliki track record yang baik, positif dan berpengalaman dari segi demokrasi, militer, dan media," pungkasnya.

Sumber :
- kompas.com
- detik.com
- merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar