Senin, 02 September 2013

Kesebelasan Konvensi PD Memble, Tanpa Striker Sekaliber Jokowi

Kesebelasan konvensi capres Partai Demokrat (PD) telah terbentuk, nama-nama pemain kesebelasan telah dipublikasikan. Mereka siap bersaing menjadi capres mewakili partai berlambang mercy. Menurut pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, jalannya konvensi capres PD dinilai tidak akan menarik lagi,
"Saya melihat konvensi capres PD ini menurut saya semakin menunjukkan mekanisme yang tidak lagi memiliki daya tarik dalam konteks sebagai manajemen pesan bagi publik," kata Gun Gun, Senin (2/9/2013).
Padahal sebetulnya, konvensi capres PD sejak awal diposisikan sebagai upaya untuk mendongkrak popularitas PD. Kondisi saat ini dinilai kurang menguntungkan. Apalagi tak ada tokoh sekaliber Joko Widodo (Jokowi) yang ambil bagian dalam kesebelasan konvensi capres PD.
"Apalagi ada 4 orang yang tidak lagi tertarik, sehingga ini bisa menjadi indikator bahwa sebenarnya memang konvensi ini memang tidaklah memiliki kepastian, semacam kanalisasi sumber daya manusia yang kurang baik," kata Gun Gun.
Menurut Gun Gun, konvensi capres PD dititikberatkan pada upaya untuk mendongkrak elektabilitas PD. Namun tidak pada upaya untuk memunculkan capres potensial yang sesungguh-sungguh.
"Partai Demokrat seperti diidealkan retorika para elite PD bahwa konvensi ini paling demokratis untuk mencari capres. Namun faktanya lebih kepada upaya untuk menjaga eksistensi Partai Demokrat untuk meraih 15% suara sesuai target," tandas Gun Gun.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar