Kehadiran Kompas Gramedia selama 50 tahun, menurut JK, merupakan pencapaian terbesar sebuah produk media yang tetap dapat menjaga keobyektifan informasinya. "50 tahunnya itu sangat hebat. Artinya, bagaimana Kompas memberikan informasi yang obyektif, aktual, dan sebagainya selama 50 tahun dan tetap berada dalam situasi itu," kata JK saat ditemui seusai perayaan puncak hari ulang tahun (HUT) ke-50 Kompas Gramedia, di Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Senin (9/9/2013) malam.
Tak berbeda jauh dengan JK, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga mengakui kalau ia mengikuti perkembangan usaha Kompas Gramedia. Mulai dari majalah Intisari, harian Kompas, toko buku Gramedia, Hotel Santika, Radio Sonora, majalah Bobo, Kompas.com, Kompas TV, dan produk lainnya, kata Jokowi, merupakan produk-produk yang ia nikmati hingga sekarang.
Malam puncak perayaan HUT 50 tahun Kompas Gramedia, juga menjadi momen Jokowi untuk mengingat bagaimana perjalanan Kompas Gramedia dari awal dan bertahan hingga usia setengah abadnya. Jokowi pun meyakini, usia Kompas Gramedia dapay bertahan hingga 50 tahun ke depan, bahkan melebihi itu.
"Apabila dijaga konsistensi seperti sekarang, independensi dan kepercayaan masyarakat yang terus dijaga, saya rasa eksistensinya akan tetap terus bertahan," kata Jokowi.
Sementara bagi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Harian Kompas merupakan koran yang pertama kalinya dibaca sejak usianya masih kecil. Ia mengaku, saat itu, media cetak yang memberikan informasi secara faktual, lengkap, dan berimbang hanyalah Harian Kompas.
Selain itu, menurut dia, sudah sejak dulu, Harian Kompas menyajikan informasi hingga 40 halaman. Di usia Kompas Gramedia yang memasuki usia emas, pria yang akrab disapa Aher itu mengharapkan agar Kompas senantiasa memberikan pemberitaan yang disertai dengan keseimbangan, memberikan solusi bagi masyarakat, bangsa, dan mengkritisi yang membangun.
"Saya kira ini adalah kriteria media yang kita harapkan ke depannya. Mudah-mudahan semua media yang ada di Indonesia, betul-betul media yang membangun masyarakat Indonesia bersama stakeholder yang lainnya," kata Aher.
Kompas Gramedia lembaga Indonesia miniDalam penyampaian sambutan Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama, yang diwakilkan oleh CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, menceritakan bagaimana kerja keras pendiri Kompas Gramedia dari hanya memperkerjakan sebanyak 20 karyawan hingga 21 ribu karyawan dengan omzet mencapai Rp 15 triliun per tahunnya.
Berawal dari seorang pemuda berusia 32 tahun dan menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bernama Jakob Oetama, ia merantau ke Jakarta dan berniat untuk mencari pekerjaan. Jakob bertemu dengan Petrus Kanisius Ojong dan memintanya untuk menjadi pemimpin redaksi di majalah Star Weekly.
Namun, belum dijalankan secara penuh, sayangnya majalah itu sudah keburu ditutup. Akhirnya, hanya dengan bermodalkan kertas, majalah Intisari terbit pertama kali pada 17 Agustus 1963.
Agung mengatakan, saat itu dua pendiri Kompas Gramedia itu tak menyangka kalau kemunculan Intisari merupakan awal kehadiran kelompok usaha Kompas Gramedia. Kompas Gramedia hadir dengan kesamaan cita-cita, persepsi, dan impian, bersama seluruh potensi bangsa untuk ikut ambil bagian dalam mengembangkan Indonesia.
Semua upaya yang senantiasa dilakukan merupakan bentuk kepedulian membangun sebuah Indonesia, mulai dari lingkup kecil, bagian dari cita-cita yang besar bangsa Indonesia, didasarkan atas kesamaan kemanusiaan, heterogenitas Indonesia yang beragam dan di atas keberagaman itulah Indonesia yang satu.
Dilihat dari sejarah perjalanannya, Kompas Gramedia merupakan lembaga yang awalnya didirikan bukan dengan modal raksasa. Namun, dengan strategi bisnis yang hebat, kini telah menciptakan karyawan teladan dengan berbagai profesi, mulai dari guru hingga wartawan.
Seiring dengan terbitnya Majalah Intisari, Harian Kompas, Radio Sonora, dan produk lainnya, mengandung pesan terhadap manusia dan nilai-nilai kemanusiaan, bukan karena asal usul agama maupun keturunan.
"Pak Jakob selalu menyebut lembaga ini dengan Indonesia mini. Bila kemudian lembaga ini sedikit lebih besar, dengan rendah hati, kami menyebut semua ini hanyalah berkat Tuhan Yang Maha Esa. 50 Tahun kami lampaui dan menyadari tantangan ke depan, bukan tantangan ringan, teknologi, atau persaingan bisnis, tapi tantangan perubahan kultur masyarakat. Kami masih sangat berharap, menjadi sebuah lembaga yang mendampingi, menegur, dan mengkoreksi hingga 50 tahun ke depan," kata Agung.
keobjektifan informasinya. "50 tahunnya itu sangat hebat. Artinya bagaimana Kompas memberikan informasi yang objektif, aktual, dan sebagainya selama 50 tahun dan tetap berada dalam situasi itu," kata JK, saat ditemui seusai perayaan puncak HUT 50 tahun Kompas Gramedia, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin (9/9/2013) malam.
Sumber :
kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar