Senin, 24 Juni 2013

Main Tebak-tebakan dengan Jokowi, 5 Siswa Dapat Hadiah Sepeda

Ada Jokowi, ada bagi-bagi hadiah. Hal itu juga terlihat saat Gubernur DKI Jakarta itu menggeber kampanye 'Jakarta Ramah untuk Anak' di sekolah Cinta Kasih Tzu Chi. Jokowi bermain tebak-tebakan dengan siswa berhadiah sepeda.
Sebelum bermain tebak-tebakan, Jokowi menandatangani petisi bertuliskan 'Katakan Ya untuk Stop Kekerasan, Diskriminasi dan Penelantaran pada Anak Sekarang Juga'. Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi terletak di Jalan Lingkar Luar Jakarta, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Senin (24/6/2013).
Setelah itu, Jokowi mengajak 5 siswa untuk bermain tebak-tebakan. "Biasanya kalau di acara seperti ini saya bawa sepeda, tapi kali ini enggak. Saya hanya bawa kartu nama tapi bisa ditukar sepeda," kata Jokowi sebelum memulai tebak-tebakannya.
Lima orang anak naik ke atas panggung. Kelimanya lalu berdiri berjejer di dekat Jokowi. Pertanyaan pertama yang bertemakan bunga dikeluarkan Jokowi.
"Sebutkan lima nama bunga," perintah Jokowi.
Dengan sigap, siswa itu menjawab lancar. "Melati, mawar, anggrek, kamboja, dahlia," sebut siswa itu sambil tersenyum.
Kepada siswa kedua, Jokowi menanyakan pengetahuannya soal DKI Jakarta. "Sebutkan dua nama gubernur Jakarta!"
Dengan buru-buru, siswa itu menyebut "Jokowi dan Basuki!" jawab siswa itu. Mendengar jawaban itu, Jokowi tertawa. "Loh.. loh," kata Jokowi.
"Eh salah. Jokowi dan Fauzi Bowo," ralat siswa itu tiba-tiba yang disambut tawa para hadirin.
Jokowi lali beralih kepada salah seorang siswi. Jokowi meminta anak tersebut menyebutkan empat museum yang ada di Jakarta.
"Museum Gajah, Monas, Batik, dan museum Fatahillah," jawab siswi itu lancar.
Pertanyaan selanjutnya terkait geografi. "Sebutkan 3 nama ibukota negara," tanya Jokowi.
"Jakarta, Kuala Lumpur dan Beijing," kata siswi berambut pendek itu. Jokowi pun membenarkan jawaban siswa itu dengan mengangguk.
Pertanyaan terakhir diberikan kepada siswa yang berada di sebelah kanan Jokowi. "Sebutkan lima nama pohon!"
"Pohon pisang, palem, kelapa, apel, dan mangga," kata siswa itu.
Setelah melakukan tebak-tebakan dan memberikan kartu namanya sebagai tanda tukar untuk mengambil sepeda, Jokowi kembali ke tempat duduknya.
Jokowi datang bersama istrinya, Iriana, dan istri Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tahja Purnama (Ahok), Veronica. Ketiganya kompak mengenakan kemeja berwarna putih.


Sumber :
detik.com
versi kompas.com : "Siswa SD Sebut Jokowi dan Ahok Mantan Gubernur DKI"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar