Senin, 24 Juni 2013

Jokowi: Anak di kampung kumuh harus bisa mengakses komputer

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengakui kota layak anak harus ada forum bagi anak. Sehingga, ruang-ruang publik untuk anak seperti perpustakaan, ruang IT harus dipenuhi di setiap kota.
"Kota yang ada forum anaknya, kota yang ada ruang-ruang publik untuk anak, kampung-kampung ada perpustakaan, ada ruang IT dan yang lain-lainnya," ujar Jokowi usai meluncurkan kota layak anak di Sekolah Cinta kasih Tzu Chi Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Senin (24/6/2013).
Jokowi mengatakan anak-anak di kawasan kumuh harus dapat mengakses komputer, mengerti mengoperasikan komputer, dan mengakses buku. Forum anak, kemudian fasilitas-fasilitas seperti itu harus ada di sebuah kota, baik Jakarta Barat, Utara, Timur, Selatan dan pusat.
"Semuanya harus ramah terhadap anak. Apa itu, banyak sekali, saya enggak bisa sebut," ucapnya.
Untuk itu, dia akan mempersiapkan fasilitas terlebih dahulu di setiap kota. Seperti perpustakaan kampung, IT kampung, forum anak di tingkat kota dan kemudian menyusul di tingkat kecamatan, kelurahan, RT/RW.
"Nanti di tingkat wali kota dulu, baru turun-turun sehingga ruang-ruang interaktif antara anak itu semakin banyak. Kita juga ingin memperbanyak ruang-ruang publik untuk anak, taman-taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas bermain anak seperti itu," jelasnya.
Menurut Jokowi, pelaksanaan kota layak anak terdapat di wali kota. Tetapi untuk kesiapan, dia hanya menunggu kesiapan dari setiap wilayah yang kemudian akan segera dia realisasikan.
"Ya pelaksanaannya di wali kota, tapi untuk mempersiapkan yang sudah merasa siap," tandasnya.


Sumber :
merdeka.com
versi kompas.com : "Jokowi Ingin Pendidikan IT Masuk Kampung di Jakarta"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar