Selasa, 23 April 2013

Jokowi: Lelang Jabatan Adalah Sistem Terbaik

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa sistem seleksi dan promosi terbuka, atau terkenal dengan sistem lelang jabatan yang digulirkannya merupakan sistem terbaik yang belum pernah ada untuk menjaring sumber daya kompeten. Menurut Jokowi, lelang jabatan dianggapnya sebagai contoh reformasi birokrasi yang benar karena diawali dengan penyampaian prestasi sebelum mendapatkan suatu jabatan.
"Ini reformasi birokrasi yang benar, artinya menunjukkan prestasi dulu. Kalau remunerasi itu memberikan sesuatu dulu baru disuruh berprestasi," kata Jokowi, Selasa (23/4/2013).
Jokowi menegaskan, proses lelang digelar dengan terbuka, bertahap, dan dilakukan pendampingan. Ujian dalam sistem ini juga tak hanya mencakup uji wawasan dan uji kompetensi bidang, tapi juga wajib mengikuti psikotes dan tes kepribadian.
"Jadinya kita ngerti staf ini cocok di mana. Administrasi, atau punya leadership jadi lurah, atau perlu disuntik kekurangannya apa. Semua akan keliatan dalam proses itu," ujarnya.
Proses lelang akan ditentukan oleh hasil ujian. Pemerintah Provinsi DKI menjamin tak seorangpun calon yang diprioritaskan dalam proses lelang jabatan ini.
Ada tiga hal yang wajib dimiliki oleh para kandidat, yakni
  1. Responsif pada masalah di lapangan.
  2. Memiliki kompetensi dan kemampuan analisis sosial.
  3. Memiliki jiwa kepemimpinan.
Untuk menjamin jalannya proses lelang, BKD DKI melibatkan lebih dari 40 asesor dan pakar, 12 anggota kepolisian, dan 10 orang dari tim independen. Setelah melewati masa pendaftaran, para kandidat akan mengikuti ujian kompetensi bidang pada 27 s/d 28 April 2013.
Setiap hari, ujian dibagi dalam dua gelombang, dan secara online, memanfaatkan laboratorium 11 sekolah di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sedangkan materi ujiannya, para kandidat akan disuguhkan soal-soal mengenai pemerintahan, kewilayahan, pemberdayaan masyarakat, komunikasi, keuangan dan administrasi. Jumlah soal sekitar 100 pertanyaan, dan rencananya dalam bentuk pilihan ganda.


Berita Serupa :
- megapolitan.kompas.com : "Jokowi Klaim Lelang Jabatannya yang Terbaik"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar