Kamis, 28 Maret 2013

Ditinggal Jokowi, Solo Hanya Dapat Predikat CC untuk Akuntabilitas Kerja

Kota Surakarta mendapat predikat CC atau cukup dalam kategori akuntabilitas kinerja pemerintah daerah 2012. Wali Kota Surakarta saat ini FX Hadi Rudyatmo, menilai predikat tersebut didapat karena walikota sebelumnya Jokowi sedang sibuk berkampanye dalam Pilgub DKI Jakarta.

"Kita harus lihat Solo di 2012. Tahun kemarin Pak Jokowi sibuk di Jakarta, sehingga saya jadi single fighter, jadi kinerja kita menurun. Kesibukan Pak Jokowi sangat berpengaruh terhadap pelayanan publik di Surakarta," ujar Hadi.

Hal itu diungkapkan Hadi saat menghadiri acara penganugrahan penghargaan kinerja pelayan publik kabupaten/kota dan provinsi tahun 2012 yang diseleggarakan oleh Kementrian PAN RB di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Sementara itu untuk kategori pelayanan publik tahun 2011, Kota Surakarta mendapat Predikat A. Ketika ditanya apakah Jokowi mampu membawa pelayanan publik yang baik tersebut ke Jakarta, Hadi merasa pesimis.

"Saya tidak yakin Pak Jokowi bisa mengadaptasi sistem di Solo untuk dibawa ke Jakarta. Saya rasa usaha yang dilakukan Pak Jokowi yang dilakukan di Jakarta tidak akan efektif," jelasnya.

Hadi juga mengkritik peraturan mengenai dibolehkannya seorang kepala daerah untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah di luar daerahnya. Karena menurunya hal itu hanya merugikan rakyat yang ditinggal oleh kepala daerahnya.

"Sistem pemerintahan yang ada di Indonesia yang memungkinkan seorang walikota disebuah daerah maju dalam pilkada di daerah lain, pada akhirnya yang jadi korban adalah rakyatnya," paparnya.

Untuk diketahui, Kota Surakarta termasuk satu dari 104 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang mendapat predikat CC. Kepada kepala daerah yang mendapat predikat CC ini diberikan sebuah piagam yang diberikan langsung oleh Menteri PAN RB Azwar Abubakar.

Kota Surakarta juga salah satu dari enam kabupaten/kota yang mendapat penghargaan Citra Bakti Abdi Negara dengan predikat A. Menteri PAN RB Azwar Abubakar memberikan piala kepada kepala daearah yang mendapatkat penghargaan tersebut.

"Tahun ini yang tahu raportnya hanya kepala daerah saja. Kalau tahun depan masyarakat yang akan tahu hasil raportnya," kata Menteri PAN RB Azwar Abubakar.

Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar