Selasa, 25 November 2014

Jokowi Temui Petani Lampung

Rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah. Dalam kunjungannya itu Jokowi berdialog dengan ratusan petani dan warga di tengah sawah.
Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB, Selasa (25/11/2014). Dia didampingi oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko.
Terdapat sekitar 500 orang petani dan warga yang berada di tengah sawah. Mereka duduk di kursi kayu sederhana dan banyak pula yang berdiri.
Setelah itu Jokowi memeriksa salah satu traktor yang saat itu diberikan kepada petani di daerah itu. Ada 10 traktor yang sudah terparkir di tengah sawah.
"Ada masalah apa di lapangan?" tanya Jokowi kepada salah seorang petani.
Seorang petani menjabarkan beberapa masalahnya langsung kepada Jokowi. "Pupuk, jaringan irigasi kurang sempurna, rusak. Jalan irigasi rusak," ujar petani.
Jokowi menjawab, "Pertama, (jaringan irigasi) yang rusak bulan depan bisa untuk (mengairi) 35 ribu hektar di sini saja. Traktornya 570 (unit). Pupuk 57 ton gratis dibagikan," kata Jokowi.
"Ini yang bisikin Mentan, pasti bener," imbuhnya.
Jokowi meminta produksi ditingkatkan. Dia menargetkan produksi beras bisa mencapai 1 juta ton.
Dia juga menambahkan tahun depan akan ada dua waduk yang dibangun di Lampung. Salah satunya akan dibangun di Kecamatan Sukoharjo, Lampung.
"Di sini banyak (waduk) nggak?" tanya Jokowi.
"Cuma dua, Pak," jawab petani.
"Apa lagi?" Jokowi kembali bertanya.
"P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) yang urus air. Tidak ada honor atau upah, hanya (dari) iuran petani. Itu (P3A) kerjanya siang malam, sebulan (dibayar) Rp 1 juta. Ini juga menentukan keberhasilan panen padi sawah," jelas petani kepada Jokowi.
Jokowi mendengarkan keluhan petani dengan seksama. Dia mengatakan Gubernur Lampung berjanji akan membantu. "Nanti Pak Gubernur janji bantu. Saksinya saya, Presiden. Kalau kompak, kerja kompak, pemerintah pusat, kabupaten, sawah produksinya akan naik," ujar Jokowi menyemangati para petani.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar