Selasa, 25 November 2014

Akhirnya Jokowi Mendarat di Bakauheni

Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Lampung naik kapal roro dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Selama perjalanan, Jokowi sempat berbincang langsung dengan para penumpang, Selasa (25/11/2014). Jokowi bersama istrinya Iriana mendatangi dek penumpang kelas ekonomi. Para penumpang yang sedang bersantai tampak kaget dengan kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini.
Dengan menggunakan kemeja putih dengan lengan yang digulung ke atas, Jokowi santai mendatangi beberapa penumpang. Pria asal Solo ini menanyakan soal tanggapan para penumpang terhadap alat transportasi laut yang mereka tumpangi.
Mereka menumpang KMP Port Link 3, kapal 'roll on roll of' atau Roro PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).
"Gimana, aman nggak pakai kapal ini?" tanya Jokowi kepada salah seorang pria yang sedang duduk di kursi dek.
"Aman, Pak," jawab penumpang tersebut.
Jokowi kemudian bertanya lebih lanjut, "Masalahnya apa?"
"Antreannya lama," jawab si penumpang.
"Terus apa lagi?" Jokowi kembali bertanya.
"Jalannya lama juga Pak, 3 jam," kata penumpang itu sambil tersenyum.
Jokowi kemudian menanyakan hal yang sama kepada beberapa penumpang lainnya. Setelah itu, dia sempat berbincang singkat dengan wartawan.
"Kita lihat perkembangan 5 tahun ke depan gimana. Tahun depan kita mulai jalur tol Sumatera, jalur kereta api juga dilalui, sehingga pelabuhan ini penting," ujar Jokowi.
Jokowi menilai perjalanan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni juga terlalu lama. Menurutnya, jarak tersebut bisa ditempuh selama 1 jam saja.
"Harusnya 1 jam bisa, banyak kondisi yang diperbaiki, masih banyak yang harus diperbaiki, sistem terminal, yang melayani, yang terkoneksi dengan kapal, semuanya, kita butuh waktu. Kapal juga cuma 2 jadi pengangkutan tidak sesuai dengan harapan penumpang," ujar Jokowi.
Akhirnya kapal Roro yang membawa Jokowi dan rombongan tiba di Bakauheni Selasa (25/11/2014). pukul 09:55 WIB.
Jokowi yang mengenakan kemeja putih mengumbar senyum. Dia disalami banyak penumpang.
Jokowi juga melayani foto bersama penumpang anak kecil dan orangtuanya di luar kapal.
"Pak, foto!" teriak salah seorang anak kecil.
"Ayo foto!" kata Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana ini.

Disambut Gubernur Lampung
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo beserta istri Aprilani Yustin Ficardo menyambut Presiden Jokowi di atas Kapal Portlink III, Selasa (25/11/2014).
Dalam kesempatan tersebut Ridho secara detail menyampaikan sejumlah persoalan serta program ke depan dan harapan Provinsi Lampung kepada pemerintah pusat, terutama terkait infrastruktur jalan, pertanian, listrik, pelabuhan, serta pengembangan Bandara Radin Inten II Lampung Selatan. Sebelumnya, Ridho juga sempat berbincang terkait persoalan infrastruktur di Lampung dengan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar