Senin, 24 November 2014

Jokowi Putuskan 49 Bendungan Dibangun 5 Tahun Kedepan

Setelah mendengarkan keinginan-keinginan dari para Gubernur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menambah jumlah bendungan yang akan dibangun dalam lima tahun mendatang.
Kata Jokowi, pemerintah pusat menetapkan akan menambah jumlah bendungan yang akan dibangun, yakni, menjadi 49 bendungan dari rencana hanya akan membangun 30 bendungan.
"Kita ingin membangun dalam lima tahun ini 30 bendungan. Tetapi ternyata tadi baru separuh saja yang menyampaikan, semuanya ingin bendungan. Ada yang tiga, ada yang satu, sehingga kurang. Sehingga tadi kita putuskan kita naikkan menjadi 49," ungkap Jokowi, disela pertemuan dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Se-Indonesia (APPSI) di ruang Garuda, Gedung Induk Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Senin (24/11/2014).
Lebih lanjut kata Jokowi, hal-hal seperti itu hanya bisa diketahui pemerintah pusat tatkala mendengarkan keinginan dari daerah. Karena itu, Jokowi akan melakukan pertemuan berkala dengan seluruh Gubernur untuk bisa menyerap suara-suara pembangunan di daerah.
"Ini penting sekali. Karena rencana besar, gagasan besar yang ada di pusat, kalau tidak pelaksanaannya sambung dengan daerah nanti mengkonsolidasikannya menjadi akan sulit," ujarnya.
Jelas dia, Pertemuan ini tak lain bertujuan agar program-program yang dicanangkan pemerintah pusat sikron dengan program-program pemerintah daerah.
"Ini pertemuan yang kedua antara kita dan seluruh Gubernur. Dan memang pertemuan ini akan terus kita lakukan. Mungkin bisa bulanan, mungkin jg bulanan terus. Supaya apa? Supaya sinkron antara program pusat dengan keinginan di daerah. Itu mesti sambung," ujar Jokowi.
"Karena itu kita ingin sambung terus dengan para Gubernur. Setelah ini dengan Bupati/Walikota," katanya.
Jokowi jelaskan, pertemuan kedua kali ini, Presiden akan mendengarkan masukan-masukan, rencana dan program serta keinginan dari daerah untuk pembangunan Indonesia kedepan.
"Ini full dari pagi sampai sore, kita ingin mendapatkan masukan-masukan, keinginan-keinginan yang ada di Kabupaten/Kota, provinsi seperti apa? Sehingga sambung," ujarnya.
Hal senada juga disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan menerima APPSI. Kata dia, pemerintah pusat ingin mendengarkan keinginan-keinginan para Gubernur. Khususnya mengenai program-program yang telah direncanakan daerah-daerah untuk bisa disinkronkan dengan Program pemerintah pusat.
"Agar pusat, provinsi, Kabupaten dan Kota terkonsolidasi dengan baik dan bisa tertampung dengan baik semuanya," ujar Jokowi.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar