Jumat, 03 Oktober 2014

Jokowi: Kalau Kemarin Kami Bagi-bagi Kursi, Pasti Sudah Menang di DPR

Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) punya penilaian tersendiri soal gagalnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beserta para mitra koalisi dalam mendapat kursi pimpinan DPR yang baru. Menurut Jokowi, situasi ini terkait dengan sikap dia dan PDIP untuk tidak mau bagi-bagi jatah menteri dengan Koalisi Merah Putih (KMP), yang menguasai pimpinan parlemen.
Namun, Jokowi mengaku PDIP tak menyesali kondisi ini. Sejak awal, lanjut Jokowi, pilihan politik PDIP memang tak ingin membagi 16 kursi menteri dari parpol kepada kepada partai anggota KMP.
"Kalau kemaren bagi-bagi kursi, ya sudah menang (kursi ketua DPR RI). Kamu tidak nangkep saja dari kemaren," kata Jokowi kepada wartawan saat perjalan dari Balai Kota Jakarta ke Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Jumat (3/10/2014).
Meski demikian, Jokowi mengaku belum bisa memastikan apakah PDIP akan menutup koalisi dengan KMP atau tidak. Karena menurut dia, situasi politik saat ini sangat cepat berubah dan tidak bisa diprediksi secara matang.
"Dalam politik itu setiap hari bisa berubah, setiap minggu bisa berubah, setiap detik bisa berubah," terang dia.
Seperti diberitakan sebelumnya, hasil keputusan rapat paripurna pemilihan pimpinan di DPR RI kursi Ketua DPR RI ditempati oleh politisi Partai Golkar, Setya Novanto.
Kemudian Lima Wakil Ketua dijabat politikus dari partai anggota Koalisi Merah Putih, yakni Fadli Zon dari Partai Gerindra, Fahri Hamzah dari PKS, Taufik Kurniawan dari PAN, dan Agus Hermanto dari Partai Demokrat.
Dengan demikian, kursi pimpinan di DPR RI itu, saat ini disapu bersih oleh Koalisi Merah Putih (KMP), sebagai pemenang pemilu legislatif PDIP tidak mendapatkan kursi pimpinan dewan sama sekali.  [vivanews]

1 komentar:

  1. YA INILAH BUDAYA BARU YANG TIDAK SESUAI DENGAN ALUR LOGIKA YANG BENAR.
    INI DASARNYA ADALAH KARENA TIDAK LEGOWO. JADI HANYA DIDASARI OLEH SYAHWAT KUASA DARI PARTAI2 KOALISI YANG INGIN MERAMPOK KEDAULATAN RAKYAT LEWAT PILKADA.

    BalasHapus