Selasa, 01 Juli 2014

Survei Roy Morgan: Jokowi-JK 52%, Prabowo-Hatta 48%

Sepekan sebelum pemilihan presiden dan wakil presiden, Lembaga Survei Roy Morgan International merilis hasil pollingnya. Menurut polling ini, pasangan Jokowi-JK masih di posisi puncak dengan elektabilitas 52 persen. Sedikit di atas pasangan Prabowo-Hatta yaitu 48 persen.
"Polling dilakukan bulan Juni dengan 3.117 responden calon pemilih," kata Direktur Eksekutif Roy Morgan International, Irawati Soekirman dalam siaran persnya di Menara Jamsostek, Jakarta, Selasa (1/7/2014).
Pada polling Morgan yang pertama sesudah Jokowi mengumumkan pencalonannya di pertengahan Maret, Jokowi unggul jauh di atas calon lainnya dengan 45 persen dukungan. Sedangkan Prabowo Subianto hanya mendapat 15 persen dukungan (selisih 30 persen dengan Jokowi).
Pada bulan Mei, polling Morgan menunjukkan Jokowi 42 persen tetap calon paling unggul. Sedangkan Prabowo 24 persen dan selisih dengan Jokowi semakin menyempit di angka 18 persen.
"Prabowo tampak jelas mendapat dukungan yang sebelumnya mendukung calon lain, jauh melebihi Jokowi. Walaupun Jokowi masih di depan, Prabowo bisa menang bila perpindahan pilihan ke Prabowo terus berlanjut di sisa waktu 9 Juli ini," jelas Ira.
Polling Morgan ini dilakukan pada bulan Juni 2014 dengan 3.117 calon pemilih di seluruh Indonesia, umur 17 tahun ke atas. Adapun metode yang digunakan adalah dengan wawancara tatap muka di lakukan di 34 provinsi seluruh Indonesia. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar