Kamis, 24 Juli 2014

Kesamaan Jokowi dan Obama: Capres Tanpa Modal

Relawan Jokowi yang juga pernah menjadi relawan Presiden Amerika Barack Obama, Barry Simorangkir, mengatakan ada kesamaan di antara dua tokoh yang didukungnya. Yaitu, keduanya sama-sama tak punya modal duit saat maju sebagai kandidat presiden.
"Mereka dibantu masyarakat melalui urunan," kata Barry yang berada di Amerika saat dihubungi.
Barry merupakan periset data di pusat penelitian berbasis penyedia data historis pasar saham, The Center for Research in Security Prices (CRSP), di University of Chicago, USA saat dihubungi, Kamis (24/7/2014). Barry menjadi tim media sosial Jokowi. Barry juga menjadi tim media sosial Obama dan ikut berkampanye door to door.
Menurut Barry, Jokowi dan Obama sama-sama mampu membangkitkan partisipasi pemilih karena memiliki rekam jejak bersih. "Trennya, orang baik biasanya banyak didukung," kata Barry.
Jokowi, kata Barry, merupakan tokoh yang sudah mendunia. Dia tak heran banyak pesohor di luar negeri, seperti Sting, Jason Mraz, dan Arkana mendukung Jokowi. "Terlanjur terkenal di dunia maya," kata Barry. Lewat Facebook dan Twitter juga, kata dia, Obama juga memenangi pemilihan presiden Amerika 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar